Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Ngabuburit di Kampung Arab Surabaya

Agama | 2023-04-06 19:58:40

Di Surabaya Utara memiliki berbagai kawasan yang cukup terkenal dengan ciri khas budaya di setiap tempatnya. Jika di daerah Kenjeran terkenal dengan kawasan Klenteng Sanggar Agung yang ada di kawasan Kenjeran Park, maka di daerah Sunan Ampel dan sekitarnya juga memiliki ciri khas tersendiri yang membuat daerah tersebut dikenal dengan sebutan “Kampung Arab”.

Hal ini dikarenakan di daerah tersebut dipenuhi dengan penduduk yang memiliki keturunan dari Arab sehingga segala bentuk bangunan hingga wisata kuliner yang ada cenderung mengandung budaya Arab. Hal tersebut sangat menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung Surabaya untuk menjelajahi perkampungan yang ada di sana.

Selain itu, hal lain yang membuat daerah Kampung Arab ini ramai dikunjungi tiap jumat adalah karena di kawasan tersebut adalah salah satu tempat pesarean 9 Sunan yang ada, yaitu Sunan Ampel atau yang memiliki nama asli Raden Rahmat. Setiap malam jumat hingga hari libur, kawasan ini sangat dipenuhi dengan para wisatawan yang berkunjung.

Sepanjang jalanan menuju pemakaman dari Sunan Ampel ini, para wisatawan akan disambung dengan banyaknya pedagang yang menjual berbagai hal yang berhubungan dengan budaya Arab, termasuk kurma, air zam-zam, peralatan sholat, dan sebagainya. Berkunjung di kawasan ini dengan berbagai kebudayaan arab yang ada membuat para wisatawan merasakan sensasi tersendiri karena serasa sedang tidak berada di Surabaya. Tak heran jika di hari biasa pun kawasan ini tidak pernah sepi dari kata pengunjung.

Setelah Indonesia telah mampu berjuwng melawan pandemi, tahun ini suasana ramadhan kembali hidup lagi seperti sebelum adanya pandemi. Termasuk di daerah Ampel yang selama ramadhan ini tiap hari dipenuhi dengan lautan manusia.

Sepanjang jalan dari daerah K.H Mansyur, pergirian, hingga di kawasan Ampel sendiri berjajar-jajar pra pedagang yang menjual berbagai jenis makanan termasuk makanan-makanan khas Arab. Tentunya hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi para masyarakat yang ingin menghabiskan waktu ngabuburit sambil menikmati jajanan dan budaya Arab yang dapat didapatkan secara gratis di Kampung Arab yang ada di Surabaya ini.

Tak jarang banyak pengunjung yang berasal dari luar Surabaya memilih Kampung Arab menjadi salah satu destinasinya. Dengan keistimewaan yang dimiliki oleh daerah ini tak heran jika daerah ini menjadi salah satu serambi kiri yang dimiliki di Surabaya Utara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image