Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Wardah Widad

Sudahkah Kita Bersyukur Hari Ini?

Agama | Tuesday, 21 Dec 2021, 17:10 WIB
Syukur Nikmat: Makna Syukur

Di berbagai kesempatan seringkali kita mengeluhkan banyak hal, kita yang banyak mendonggak tetapi lupa menunduk. Bahkan terkadang masalah sepelepun kita besar-besarkan dan terus kita keluhkan. Kita curhat sama temen mengenai masalah hidup yang sedang kita lalui dan teman kita malah menjawab “itu karena kamu kurang bersyukur”, kita langsung kesel tuh karena dibilang kaya gitu. Sebenarnya seberapa penting sih bersyukur dan apa manfaatnya? Yuk simak bersama!

Berikut salah satu ayat Al-Qur’an tentang bersyukur

Surat Ibrahim ayat 7

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan:"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

Ayat Al-Qur’an di atas bikin kita ngerti seberapa penting bersyukur, kalau kita bersyukur nikmat kita akan di tambah oleh Allah, Masya Allah banget kan~

Nah kita kan udah tau bersyukur dari sudut pandang agama, sekarang coba kita bahas dari sudut pandang psikologi. Kalau kalian bertanya, memang ada kaitannya antara bersyukur dengan psikologi? Tentu ada.

Sebentar dulu, dari tadi nih kita ngomongin tentang bersyukur, sebenernya kita tahu gk si bersyukur itu apa? Dikutip dari video youtube satu persen, bersyukur berarti kita menyadari suatu hal yang membuat kita bahagia dan menunjukkan kebahagiaan itu. Setelah tau apa itu bersyukur, sekarang kita bahas manfaat bersyukur

Dikutip dari youtube satu persen dan youtube bahas psikologi, berikut ini beberapa manfaat dari bersyukur

1. Bersyukur membuat kita menjadi lebih positif

Bersyukur akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih positif karena dengan bersyukur kita akan sulit untuk memikirkan hal yang negatif. Misalnya saja kalau kita bersyukur atas kebaikan orang kepada kita, kita akan sulit untuk iri dengan orang itu, karena bersyukur dan iri tidak bisa dilakukan dalam waktu bersamaan.

2. Bersyukur bisa meningkatkan kepercayaan diri kita

Bersyukur membuat kita sadar bahwa orang lain memiliki peran dalam hal-hal positif yang terjadi dalam diri kita dan alih-alih iri dengan mereka, kita akan lebih bisa menghargai pencapaian mereka dan kita akan merasa lebih percaya pada diri kita sendiri.

3. Bersyukur membuat kita lebih cepat bangkit

Bersyukur bisa membuat kita lebih cepat bangkit dari keterpurukan dan membuat kita bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian serta membuat kita lebih cepat untuk kembali menjalankan kehidupan.

4. Bersyukur membuat hubungan menjadi baik

Bersyukur membuat hubungan kita dengan keluarga, saudara maupun teman menjadi lebih baik. Bersyukur membuka pintu untuk lebih banyak hubungan, bersyukur tidak hanya merupakan perilaku yang baik tetapi dapat membantu kita mendapatkan teman baru, orang yang bersyukur juga akan terlihat lebih ramah sehingga lebih disukai dan dihargai.

5. Bersyukur meningkatkan kesehatan psikologis

Menurut studi di tahun 2012 yang diterbitkan dalam jurnal personality and individual differences orang yang bersyukur juga lebih cenderung menjaga kesehatan mereka mereka berolahraga lebih sering dan lebih bersedia melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter yang kemudian berkontribusi untuk umur panjang. Bersyukur juga dapat mengurangi banyak emosi beracun, mulai dari rasa iri dan dendam hingga frustrasi dan penyesalan.

6. Bersyukur meningkatkan empati dan mengurangi agresi

Menurut sebuah studi di tahun 2012 yang dikerjakan oleh tim dari University of Kentucky mereka yang lebih banyak bersyukur akan lebih kecil kemungkinannya untuk membalas dendam terhadap orang lain bahkan ketika mereka mendapatkan balasan yang negatif mereka mengalami lebih banyak kepekaan dan empati terhadap orang lain

7. Bersyukur meningkatkan kualitas mental

Selama bertahun-tahun penelitian telah menunjukkan bahwa rasa syukur tidak hanya mengurangi stres tetapi juga memainkan peran utama dalam mengatasi trauma.

Wah, tenyata banyak ya manfaat dari bersyukur. Padahal keliatannya bersyukur itu gk seberapa bagi kita disaat-saat kebahagiaan kita, mungkin ada berkali-kali kita bersyukur saat sedang bahagia, tapi hanya beberapa orang yang bisa bersyukur di saat-saat sulit.

Banyak hal yang dapat kita syukuri dalam hidup ini, kita dapat bernafas sekarangpun patut kita syukuri, kita bisa melihat indahnya langit pagi patut kita syukuri. Nyatanya banyak hal-hal kecil dari kehidupan yang kita lupakan, padahal hal kecil itulah yang sebetulnya menguatkan kita dalam menjalani hari, hal kecil itulah penyemangat kita dalam hidup. Jadi, jangan pernah lupa untuk bersyukur ya!

Referensi:

Kastolani. 2021. 5 Ayat Alquran tentang Bersyukur Latin & Artinya. https://www.inews.id/lifestyle/muslim/ayat-alquran-tentang-bersyukur. (Diakses tanggal 19 Desember 2021)

Rahim, I. Khainur. (Satu Persen). (2020, 21 April ). (File video). Diakses dari https://youtu.be/zylc9LX9FmI

Wirawan, H. (Bahas Psikologi). (2020, 20 April). (File video). Diakses dari https://youtu.be/5Ck6qI8fDdg

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image