Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deti Prasetyaningrum

Cetak Siswa Cakap IT, MTs Negeri 3 Sleman Ajari Siswa Membuat Game

Teknologi | Tuesday, 04 Apr 2023, 14:23 WIB

Sleman - Salah satu program unggulan dari MTs Negeri 3 Sleman adalah bidang IT. Untuk membentuk siswa yang cakap IT, madrasah mengembangkan bakat siswanya dengan dilatih membuat game berbasis android. Sabtu (1/4/2023) siswa kelas 9A dibimbing membuat aplikasi game berbasis android.

Menggunakan aplikasi kodular.id Mohammad Aunurrohim, S.Pd. membimbing siswa membuat game tebak gambar. Namun, dalam prosesnya masih ditemukan beberapa kendala. "Kali ini siswa diajari membuat game tebak gambar. Tapi ada beberapa kendala, yaitu beberapa perangkat siswa kurang memadai. Namun bisa teratasi dengan baik," jelas Aunurrohim.

"Dalam prosesnya berjalan lancar meskipun ada beberapa siswa yang masih kesulitan karena baru pertama kali mengetahui aplikasi ini," lanjutnya.

Kepala madrasah menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap seluruh siswa dapat menyelesaikan pembuatan game ini dengan baik. “Ini adalah kegiatan yang sangat bagus. Pembuatan game ini merupakan salah satu bentuk komitmen madrasah agar mencetak siswanya terampil IT. Semoga seluruh siswa dapat menyelesaikan tugas pembuatan game ini sehingga selain mendapat pengalaman juga dapat menerapkan ilmunya,” tandas Kamad.

Airin Amelia, salah satu siswa kelas 9A mengaku senang dan tertantang karena berkesempatan berlatih membuat game ini. "Saya senang karena diri saya merasa tertantang tapi ternyata prosesnya menyenangkan. Sudah biasa jika kita memainkan game, tetapi kali ini kita dapat membuat suatu aplikasi game yang dapat dimainkan di android meskipun untuk membuat game ini kita membutuhkan waktu yang lumayan lama dan ketelitian yang tinggi," ungkap Airin.

Rencananya untuk menyelesaikan pembuatan game ini siswa akan dibimbing selama tiga kali. (nay)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image