Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vita Nanda

Majalah Elektronik Sekolah

Teknologi | Monday, 03 Apr 2023, 14:33 WIB

Majalah Sekolah Elektronik Sebagai Penguatan Literasi Dan Ruang Publikasi Karya Tulis Siswa Smp Negeri 2 Boyolali, merupakan inovasi yang dilatarbelakangi dari adanya PJJ (pembelajaran jarak jauh) saat pandemi Covid-19 dan keprihatinan akan terasa rendahnya kemampuan literasi siswa SMPN 2 Boyolali pasca PJJ. Priyadi, S.Pd yang merupakan salah satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Boyolali, memiliki ide untuk berinovasi mencari media literasi yang dapat diakses secara mudah, menarik, serta dapat dijadikan wadah untuk memublikasikan karya tulis siswa. Sebelumnya, bagi siswa belum ada bahan bacaan kekinian yang dapat diakses secara mudah melalui gawai dan sesuai dengan perkembangan peserta didik. Hal tersebut tentunya membuat peserta didik kurang terarah untuk menentukan bahan bacaan yang sesuai maupun sarana menyalurkan kelebihan energi yang mereka miliki. Berangkat dari hal tersebut, maka Priyadi yang merupakan lulusan dari UNS tersebut membuat majalah elektronik “PIJAR” sebagai sarana meningkatkan literasi dan ruang publikasi karya siswa.

Majalah elektronik “PIJAR” Edisi pertama dirilis pada Juli 2021. Perilisan edisi pertama tersebut dirilis langsung oleh Kepala Sekolah SMPN 2 Boyolali waktu itu yaitu Drs. Agus Winarno, M.Si. Adapun “PIJAR” edisi 1: Berkarya Di Tengah Pandemi, dapat di akses melalui pencarian google dengan memasukkan kata kunci Majalah PIJAR Espero. Selain itu dapat juga di klik langsung di laman https://online.fliphtml5.com/hdrul/ugkb/.

Pada awalnya majalah digital ini digunakan sebagai salah satu bahan literasi di masa pembelajaran jarak jauh. Namun, Seiring berjalannya waktu dan kegiatan pembelajaran yang sudah dilonggarkan untuk bisa dilaksanakan pembelajaran secara tatap muka, majalah digital ini justru mendapat tanggapan positif dari berbagai pihak dan berharap ada edisi-edisi selanjutnya. Siswa antusias untuk dapat bergabung di tim redaksi serta semakin banyak siswa yang mengirimkan hasil karyanya. Hal tersebut tentunya melebihi ekspektasi awal. Meskipun edisi ke dua baru dirilis tahun ini setelah, namun itu semua menjadikan penyemangat dan harapan bahwasanya edisi-edisi selanjutnya segera menyusul. Dari siswa, untuk siswa, dan oleh siswa.

Penulis : Priyadi S.Pd. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Boyolali

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image