Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamim eha

15 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan Modal Kecil Untung Besar, Wajib Coba!

Bisnis | Monday, 03 Apr 2023, 14:12 WIB

“Hei, saya jualan frozen food lho, order yuks!”

“Eh, saya buka stand di pojok ya, jangan lupa mampir.”

“Sudah punya baju lebaran belum, yuks order di saya saja. Ada model terbaru dengan diskon deh buat kamu, mumpung lagi promo.”

Yups, kalimat di atas adalah sederetan kalimat tawaran yang keluar dari beberapa teman dan kenalan yang mendadak buka usaha di bulan Ramadhan. Sejujurnya saya tidak terlalu terkejut sebab saya pun pernah menjadi pebisnis pemula di bulan Ramadhan dengan menjual produk fashion. Menariknya, saya mulai usaha tanpa modal lho? Bagi sebagian orang memang menemukan peluang rezeki di bulan Ramadhan.

Kok bisa? Yuks baca pengalaman saya dan ide peluang bisnis di bulan Ramadhan modal kecil untuk besar yang bisa teman-teman coba ya!

Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan biasa dikenal dengan istilah bulan penuh berkah. Hal ini sesuai dengan berlimpahnya pahala serta kebaikan yang kita peroleh di bulan Ramadhan, biasanya orang menyebutnya Big Sale pahala.

Selain big sale pahala, sebagian besar orang juga memanfaatkan momen Ramadhan untuk memulai bisnis mereka. Mulai dari produk kuliner, fashion, hingga aksesoris ramadhan dan lebaran ternyata menarik untuk dijadikan ide bisnis.

Masya Allah, Ramadhan memang membuka kesempatan menjemput rezeki untuk kita. Asal pandai menemukan peluang apa saja yang bisa dijadikan bisnis khususnya di bulan Ramadhan.

Rekomendasi Jualan yang Laku di Bulan Ramadhan

Yups! Salah satu kunci kesuksesan membuka bisnis adalah pandai membaca peluang dari kebutuhan pasar. Meskipun berjualan di bulan Ramadhan bersifat musiman namun kita bisa mencobanya lho!

Yuks simak rekomendasi jualan yang laku di bulan Ramadhan berikut!

Pertama, jualan kurma

Kurma identik dengan Ramadhan meski sebenarnya kurma di jual di luar bulan puasa juga.

Namun permintaan kurma akan meningkat di pasaran sebab umumnya orang akan menggunakan kurma sebagai takjil atau makanan buka puasa sebagaimana yang disunnahkan.

Jadi, jualan kurma merupakan salah satu jualan yang laku di bulan Ramadhan.

Kedua, jualan menu takjil

Seringkali kita dapati pasar kaget di bulan Ramadhan. Umumnya pedagang di pasar kaget berjualan aneka menu berupa snack takjil sebab kebanyakan target pasarnya adalah orang-orang yang sedang perjalanan atau mereka yang sedang ngabuburit di tempat tertentu.

Jadi menu takjil akan laku keras di bulan Ramadhan, apalagi jika produk jualannya unik dan menarik. Masih ingat dengan es kepal milo yang pernah viral kan? Nah, itu adalah salah satu ide jualan yang laku di bulan Ramadhan kala itu.

Ketiga, membuka catering buka puasa dan sahur

Yups, ide jualan dalam bentuk catering buka puasa dan sahur ini sebenarnya memfasilitasi orang-orang atau komunitas yang seringkali mengadakan kegiatan buka on the road dan sahur on the road. Namun tidak menutup kemungkinan jika ide jualan menu buka dan sahur ini akan laku di bulan Ramadhan jika berada di lingkungan kos-kosan.

Nah, pengalaman ketika masih mahasiswa dulu, saya juga tim yang suka cari menu buka puasa dan sahur praktis. Apalagi jika ada jasa delivery-nya, wah dijamin ramai orderan sih!

Keempat, jualan produk fashion

Lebaran identik dengan baju sarimbit sekeluarga, momentum yang sering ditunggu-tunggu setelah menjalankan puasa selama satu bulan adalah hari raya. Nah, ide jualan yang laku di bulan Ramadhan adalah jualan baju, khususnya buat anak-anak.

Saya merasakan keuntungan berlipat dari menjual baju di bulan Ramadhan. Permintaan baju menjadi lebih besar di bulan Ramadhan dibanding hari biasanya. Yups, inilah alasan bahwa kita bisa meraih peluang rezeki di bulan Ramadhan.

Kelima, jualan kue lebaran

Menarik sekali ya, Ramadhan dan lebaran memang tidak jauh-jauh dari kulineran. Tak terkecuali kue lebaran, sering menjadi salah satu ide jualan yang laku di bulan Ramadhan. Baik itu kue homemade ataupun kue produk pabrik yang dijual secara grosiran dan kita packing sendiri.

Saya pernah mendapati seorang teman yang menjalankan ide jualan kue di bulan Ramadhan dan berlanjut hingga saat ini. Wah, berkah sekali ya!

Keenam, jualan frozen foods

Nah, ide jualan cepat laku di bulan Ramadhan keenam ini dilakukan oleh teman saya lho! Menakjubkannya, dia bisa meraih omset belasan juta rupiah. Jika saya amati dia tidak produksi sendiri namun memanfaatkan digital marketing dan kontak wa-nya.

Bertepatan dengan momen Ramadhan, frozen food menjadi pilihan bagi keluarga yang mobilitasnya tinggi. Sehingga menu yang praktis menjadi pilihan mereka untuk dikonsumsi. Apalagi jika frozen yang ditawarkan lebih sehat atau non MSG dan higienis.

Ketujuh, parcel lebaran dan hampers lebaran

Apakah kamu punya keahlian dibidang keterampilan tangan seperti menghias? Nah ide jualan dalam bentuk kreasi parcel adalah pilihan yang tepat. Apalagi di momen lebaran, banyak orang ingin berbagi dengan berbagai kerabat, kolega, dan rekan lainnya di bulan Ramadhan menggunakan parcel.

Saya jadi teringat seorang teman pernah menyodorkan semacam pricelist dalam bentuk proposal sederhana dari usaha parcelnya. Menariknya, ide bisnis membuat parcel ini dilakukan ketika Ramadhan. Wah, bulan Ramadhan memang memiliki peluang besar untuk memulai bisnis ya!

Kedelapan, rental mobil

Yups, salah satu ide jualan yang laku di bulan ramadhan dalam bentuk jasa. Saya teringat tahun lalu harus merogoh dompet hingga lima kali lipat untuk sewa mobil dalam rangka mudik. Nah, dari pengalaman ini saya mengambil kesimpulan bahwa ide bisnis buka jasa rental mobil di bulan Ramadhan hingga lebaran bisa untung besar.

Tips Membuka Bisnis di Bulan Ramadhan Agar Semakin Lancar

Ramadhan memang momentum yang tepat untuk dimanfaatkan membuka bisnis sesuai kebutuhan selama bulan Ramadhan hingga lebaran. Namun, perlu dipahami bahwa membuka bisnis juga butuh perencanaan. Ada beberapa poin penting agar kita bisa menjalankan usaha musiman ini secara lancar dan hasil maksimal.

Ada lima perencanaan sebelum membuka bisnis agar semakin lancar, yaitu:

Pertama, rumuskan target pasar bisnis dengan jelas

Poin penting dari sebuah bisnis adalah memenuhi kebutuhan pasar. Nah, merumuskan target pasar adalah poin awal sebelum kita memutuskan untuk membuka ide usaha apa yang cepat laku di bulan Ramadhan.

Sebagai contoh, kita berada di lingkungan kerja perkantoran. Maka ide usaha yang akan kita jalankan bisa disesuaikan dengan siapa target pasar kita. Misalnya teman kerja atau kolega dari kantor kita, Nah, ide jualan yang tepat bisa berupa parcel, hampers, jasa rental mobil, atau bahkan produk fashion.

Kedua, pilih produk yang banyak dibutuhkan oleh target pasar

Yups, poin kedua erat kaitannya dengan poin satu ya! Setelah menentukan target pasar maka selanjutnya kita perlu menganalisa kebutuhan dari target pasar?

Misal, kita tinggal di area kos-kosan, maka ide jualan di bulan Ramadhan modal kecil untuk besar yang bisa dipilih adalah jualan minuman segar, aneka takjil, dan menu buka puasa serta sahur.

Disarankan untuk tidak membuka ide jualan yang produknya jauh dari kebutuhan target pasarmu ya! Bukannya untung malah buntung, meskipun dilakukan di momen ya tepat seperti Ramadhan.

Ketiga, pastikan memberikan pelayan terbaik

Mayoritas orang suka dengan perhatian, pelayanan, dan rasa dihargai. Nah, point excellent service ini jadi faktor yang menentukan untuk memiliki customer yang loyal lho! Maka, tips agar bisnis semakin berkembang adalah berikan pelayan terbaik kepada semua pembeli atau bahkan calon pembeli.

Kesan yang baik akan mendorong untuk mencari tahu tentang bisnis kita. Impact-nya, orang akan mempelajari produk kita dan bisa jadi tertarik untuk membeli. Nah, strategi marketing yang ber-value ya!

Keempat, gunakan strategi digital marketing

Di era digital saat ini, strategi pemasaran sudah tidak lagi menggunakan iklan cetak seperti brosur dan pamflet. Apalagi pandemi mendorong percepatan proses digitalisasi di semua lini tak terkecuali bisnis.

Pasalnya, bisnis yang menerapkan digital marketing akan menjangkau calon pembeli yang lebih luas. Saya pun membuktikan sendiri, modal internet provider yang dipasang oleh suami saya kala itu. Jualan saya di bulan Ramadhan semakin meningkat.

Dewasa ini, media sosial telah menjadi dunia baru untuk berinteraksi. Proses jual beli sering terjadi karena iklan di media sosial. Saya pun memanfaatkan digital marketing tersebut untuk melakukan promosi.

Jadi, di era kecanggihan teknologi dan akses internet cepat dari internet provider yang kita punya bisa menjadi cara untuk menarik pembeli dan memperbesar bisnis kita melalui digital marketing.

Kelima, berikan promo dan diskon sebagai bagian dari marketing

Secara psikologis, pada umumnya orang suka dengan harga murah. Akan tetapi jika kita langsung membandrol harga murah pada barang dengan kualitas mahal tentu berujung kerugian. Maka kita bisa menggunakan psikologi marketing melalui memberikan potongan harga atau diskon dan bundling.

Coba cermati cara penentuan harga berikut, manakah yang lebih menarik pembeli dalam penentuan harga:

 

  1. Dijual es teh seharga Rp 5000,-/ gelas ukuran reguler.
  2. Dijual es teh seharga Rp10.000,-/ gelas, diskon edisi Ramadhan 50% menjadi Rp5000,-.

Secara psikologi, orang merasa diuntungkan dengan promosi di poin B. Begitulah cara psikologi marketing bekerja. Namun poin pentingnya adalah bersikaplah jujur dalam berdagang. Tentukan harga sesuai dengan kualitas produk yang kita jual.

15 Peluang Bisnis di Bulan Ramadhan Modal Kecil Untung Besar

Nah, menyimak ada 8 rekomendasi ide jualan yang laku di bulan Ramadhan di atas. Serta mempelajari tips membuka bisnis di bulan ramadhan, artinya seharusnya kita sudah siap membuka bisnis. Meskipun demiakian, sebaiknya kita pilih dan rincikan kembali peluang bisnis di bulan Ramadhan modal kecil tapi bisa untung besar yang sesuai dengan kondisi modal kita.

Jika modal yang kita punya terbatas, coba simak 15 peluang bisnis modal kecil berikut sering dilakukan selama bulan Ramadhan berikut:

Pertama, jualan minuman segar

Jualan aneka minuman segar di bulan ramadhan pilihan yang tepat bagi kita yang memiliki modal terbatas. Kita cukup membeli sekardus aneka minuman kemasan lalu didinginkan. Biasanya harga yang ditawarkan bisa meraih keuntungan 50% dari modal.

Apalagi jika target pasarnya adalah pembeli di taman atau tempat hiburan. Modal kecil tapi untung besar lho!

Kedua, jualan menu takjil seperti gorengan

Siapa sih yang gak suka gorengan? Mayoritas masyarakat Indonesia penikmat gorengan apalagi sebagai pelengkap buka puasa. Biaya membuat gorengan tidaklah besar dan perlengkapannya pun tidak ribet. Ide jualan menu takjil juga bisa berupa snack, misal kurma dan jajan pasar. Kita tidak perlu melakukan proses produksi, biasanya modalnya pun tidak besar namun keuntungannya bisa berlipat dari modal kita.

Ketiga, jualan aneka es

Wah, pedagang es nyaris selalu dicari di bulan Ramadhan. Baik itu es campur, es buah, es teller, bahkan es manado dan lain sebagainya. Modal jualan es juga kecil, namun keuntungannya besar. Percaya deh!

Keempat, jualan buah segar

Ide jualan buah segar di bulan ramadhan adalah pilihan tepat, sebab sejak pandemi tiga tahun lalu masyarakat semakin aware dengan kesehatan. pilihan menu buah di bulan puasa akan menjadi ide jualan dengan modal kecil untung besar. Apalagi, jualan buah tidak membutuhkan proses yang rumit.

Saya pernah mencoba mengkreasikan buah menjadi salah buah. Modal 100 ribu dengan empat jenis aneka buah, saya bisa memproduksi 20 cup salah buah ukuran reguler. Jika saya jual satu cup seharga 10ribu maka keuntungan yang saya dapat bisa mencapai 100%. Wow banget kan!

Kelima, jualan menu berbuka puasa

Ide jualan menu buka puasa untuk kita yang memiliki modal terbatas, sebaiknya dipertimbangkan menunya dulu. Pilih menu yang simple namun banyak dicari misal penyetan, pecel lele, atau aneka nasi bungkus angkringan.

Keenam, jualan menu sahur

Serupa dengan poin ke-5, pastikan pilihan menu yang dipilih adalah sederhana. Misal menu nasi bungkus sambelan dengan lauk tempe dan telur dilengkapi mie. Meskipun sederhana, jika murah, rasa enak, serta mengenyangkan makan jualannya akan laku keras.

Ketujuh, reseller atau dropshipper baju lebaran

Yups, ide jualan jasa di poin tujuh ini pernah saya lakukan. Sekali lagi modal internet provider di rumah. Saya ingat empat tahun lalu bergabung di salah satu usaha milik teman sebagai reseller (lebih tepatnya dropshipper). Modal promosi lewat status whatsapp, saya bisa menarik banyak customer untuk membeli baju di bulan Ramadhan.

Dalam hal ini saya menerapkan cara digital marketing, didukung dengan sinyal yang kuat dari internet provider Indihome dari Telkom Indonesia di rumah kami.

Alhamdulillah, keuntungan penjualan sebagai reseller di bulan Ramadhan mencapai beberapa kali lipat dari omset di bulan sebelumnya.

Kunci menjadi reseller adalah rajin-rajinlah melakukan marketing dan memberikan pelayanan yang baik. Kedua poin terbukti bisa mengantarkan seorang teman yang dulunya reseller sekarang bisa membuka toko baju sendiri di rumahnya. Wah keren ya!

Kedelapan, reseller frozen food

Frozen food cukup digandrungi karena kepraktisannya. Maka pilihan ide jualan modal kecil untung besar yang tepat khususnya bagi ibu rumah tangga adalah frozen food. Sebagaimana ulasan sebelumnya tentang ide jualan yang laku di bulan Ramadhan.

Nah, keuntungan menjadi reseller adalah kita tidak perlu stok barang di rumah. Hal ini tentu menghemat biaya produksi dan operasional. Cukup modal internet provider yang kami miliki ya.

Kesembilan, reseller jualan kurma

Tips untuk menjadi reseller kurma sebaiknya pilih agen kurma yang dekat dengan area target pasar yang akan kita bidik. Misalnya, di area Surabaya maka sebaiknya pilihlah agen-agen yang di area Surabaya. Intinya manfaatkan peluang dari berbagai agen agar bisa meminimalisir ongkir yang besar.

Kesepuluh, jual parcel atau hampers lebaran

Ide jualan dalam bentuk parcel dan hampers dengan modal kecil memang tidak mudah. Maka sebaiknya diperlukan kolaborasi antara kita dalam menyediakan jasa pembuatan parcel dengan pihak produksinya misalnya kue kering, hampers makanan, dan lain sebagainya.

Kesebelas, jastip toples lebaran

Ide jualan selanjutnya masih berupa jual jasa ya. Jastip ( jasa titip) semakin marak dan menjadi salah satu ide bisnis yang berpotensi untuk dikembangkan. Di bulan Ramadhan kita bisa memanfaatkan peluang tersebut, modal HP, koneksi internet, kita bisa menjalankan ide bisa jastip toples atau aksesoris yang berkaitan dengan Ramadhan atau lebaran.

Keduabelas, rental mobil

Ide jualan modal kecil untung besar berikutnya adalah rental mobil. Tipsnya, memanfaatkan relasi dengan pemilik mobil dan ketersediaan driver. Seorang teman menjalankan bisnis ini dan mendapatkan permintaan yang meningkat sehingga memperoleh berlipat selama bulan Ramadhan.

.

Ketigabelas, Jualan kue kering

Wah ide jualan kue kering ini pernah dilakukan oleh salah seorang teman saya, bermodalkan hobby mengolah berbagai ide cemilan sederhana yakni donat. Saat ini ia telah membuka bisnis berupa orderan kue kering untuk lebaran by request. Tips menjalankan ide bisnis kue kering bisa dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan jasa membuat parcel ya!

Kita juga bisa jualan kue kering yang diambil dari agen dengan harga murah. Lalu kita bisa melakukan strategi bundling untuk proses pemasarannya. Modal kecil untung besar dari ide jualan kue kering ini. Sebab permintaan untuk kue untuk lebaran meningkat di bulan Ramadhan. Maka jual kue kering adalah salah satu ide jualan cepat laku di bulan Ramadhan.

Keempatbelas, custom amplop lebaran

Kelimabelas, jasa desain masker edisi spesial lebaran

Nah, jika ide jualan ke-14 dan 15 ini merupakan ide kekinian ya di bulan Ramadhan. Sejak maraknya aplikasi yang bisa digunakan untuk desain, banyak orang yang belajar secara otodidak untuk mendesain.

Peluang bisnis di jasa desain ini tidak membutuhkan modal materi yang banyak namun perlu keterampilan yang harus terus diasah. Di berbagai marketplace banyak yang menjual amplop lebaran custom dan ternyata mendapat respon positif dari pembeli lho!

Artinya ide jualan jasa desain amplop dan masker custom ini berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar ya! Coba yuks!

Mulai Bisnismu di Bulan Ramadhan dengan Niat Meraih Keberkahan

“Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan.” ~Hadist Arbai’n

Setiap orang ingin sukses dalam hal apapun termasuk ketika memulai bisnis mereka. Namun, ada hal yang lebih penting dari ukuran sebuah kesuksesan yakni keberkahan. Apapun ide bisnis yang akan kita jalankan di bulan Ramadhan ini. Penting untuk meluruskan niat kita, “ Apakah tujuan kita ketika memulai bisnis tersebut?”

Seorang teman yang juga pelaku bisnis lebih dulu daripada saya pernah menyampaikan, sejatinya ketika kita berdagang itu niatnya adalah membantu orang lain. Lah kok bisa? Iya, sebab apa yang kita jual adalah apa yang orang lain butuhkan.

Secara tidak langsung kita telah membantu orang lain mendapatkan dari apa yang mereka butuhkan. Wah menarik ya konsepnya dalam membangun bisnis ya! Jadi, apapun pilihan ide bisnis yang akan kita jalankan di bulan Ramadhan ini, mari kita niatkan sebagai bentuk ibadah juga. Semoga bisnis yang kita jalani mendapatkan banyak keberkahan.

Oke, selamat menentukan pilihan dalam berbisnis melalui rekomendasi 15 ide peluang bisnis modal kecil untung besar yang diulas dalam artikel ini ya! Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image