Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SMP Al-Hikmah Boarding School Batu

Kultum Sebagai Ajang untuk Belajar Ilmu Komunikasi dan Public Speaking

Agama | Monday, 03 Apr 2023, 10:32 WIB

Salah satu kekhasan bulan Ramadhan di Indonesia adalah adanya kultum, alias kuliah tujuh menit. Kultum adalah ceramah singkat yang di sampaikan setelah sholat tarawih. Di beberapa wilayah, kultum disampaikan sebelum imam memimpin sholat witir.

Kultum Setelah Sholat Tarawih Di Al-Hikmah Boarding School Batu

Selain bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan tentang agama, kultum juga bisa dijadikan ajang untuk melatih ilmu komunikasi kita, bagaimana cara kita berbicara di depan umum serta melatih mental ketika berbicara di depan umum. Dr. Edy Kuntjoro, M.Pd selaku direktur Al-Hikmah Boarding School Batu menyampaikan

"Ada satu ilmu yang dimana ilmu ini harus dimiliki oleh semua orang, bahkan di semua jurusan dipelajari. Ketika kalian nanti sudah bekerja dimanapun itu, ilmu ini harus dikuasai, yaitu ilmu komunikasi. Ketika kalian jadi guru, komunikasinya harus baik, ketika kalian jadi polisi, komunikasinya harus baik bahkan kalau jadi pemimpinpun harus baik komunikasinya. Oleh karenanya, di kesempatan kali ini (kultum) manfaatkan dengan sebaik mungkin untuk belajar tentang ilmu komunikasi yang baik".

Di Al-Hikmah Boarding School Batu sendiri, kultum disampaikan oleh siswa kelas 11 SMA. Di gilir secara bergantian kepada semua siswa dengan tujuan untuk pembelajaran agar kelak ketika sudah lulus dari Al-Hikmah Boarding School Batu bisa memiliki ilmu komunikasi dan public speaking yang bagus.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image