Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Selamat Hari Ibu: Investasi yang Cocok untuk Perempuan Indonesia

Bisnis | Tuesday, 21 Dec 2021, 11:09 WIB

Di Indonesia, tiap 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu yang tak lepas dari penyelenggaraan Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung pada 22-27 Juli 1938 silam.

22 Desember ini dipilih sebagai Hari Ibu karena bertepatan dengan diselenggarakannya Kongres Perempuan I pada 22 Desember 1928. Hari Ibu ini dicanangkan sebagai upaya membangun kesadaran para perempuan Indonesia supaya memperjuangkan hak-haknya.

Penetapan Hari Ibu di tiap tanggal 22 Desember sebagai Hari Nasional ini pun didukung Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959.

Isu yang dibahas pada Kongres Perempuan Pertama sebenarnya tidak jauh beda dengan isu-isu yang sampai hari ini juga masih menjadi persoalan serius, semisal pendidikan bagi anak perempuan, perkawinan anak, kawin paksa, permaduan dan perceraian secara sewenang-wenang hingga peran perempuan yang acap kali hanya menjadi "kanca wingking".

Posisi perempuan masih sering dinomorduakan saat dihadapkan dengan kaum adam. Pun dalam pengelolaan keuangan, ada stigma yang melekat kalau secara keuangan perempuan lemah dibanding kaum laki-laki.

Anggapan dan stigma ini tentu saja sudah tidak relevan lagi. Zaman sudah berubah. Pun dalam pengelolaan keuangan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga hingga untuk biaya pendidikan anak, saat ini sudah banyak perempuan yang mandiri dan mengelola keuangannya secara mandiri.

Perempuan tidak lagi sosok yang identik bertumpu pada laki-laki. Pun dalam pengelolaan keuangan, ada banyak perempuan yang kreatif dalam mengembangkannya melalui instrumen investasi.

Ada banyak pilihan investasi yang telah banyak dipilih dan cocok untuk mengembangkan keuangan di kalangan kaum permepuan. So, apa saja pilihan investasi?

Selain emas, deposito hingga bisnis, dewasa ini antuasiasme perempuan dalam investasi di pasar modal ternyata juga sudah lumayan tinggi. Mereka sadar bahwa investasi adalah pilihan yang tepat untuk mengembangan uang yang dimiliki agar di masa depan tidak tergerus dengan yang namanya inflasi.

Investasi reksa dana pun banyak jadi pilihan di deretan pertama yang cocok untuk perempuan. Apalagi, investasi reksa dana saat ini sudah sangat mudah dan serba online serta bisa dinikmati dengan modal yang sangat terjangkau, semisal dengan platform IPOTFund yang sudah disematkan pada aplikasi IPOT milik Indo Premier Sekuritas.

Investasi reksa dana tergolong jenis investasi yang enak dilakukan karena begitu reksa dana terbeli, investor tak perlu repot-repot memantau market karena sudah ada Manajer Investasi (MI) yang mengelolanya. Investor tinggal duduk manis setelah memilih reksa dananya.

Selain reksa dana, di aplikasi IPOT ini investasi obligasi, ETF dan saham juga sudah mudah dilakukan dengan satu aplikasi dan tak perlu repot-repot ganti aplikasi atau login lagi. Investasi reksa dana, obligasi, ETF dan saham mudah dilakukan para perempuan Indonesia. Selamat Hari Ibu!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image