Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Novitania Pambhudi

Lima Kegiatan Seru yang Bikin Ngabuburit Jadi Makin Asik!

Gaya Hidup | Thursday, 30 Mar 2023, 15:50 WIB
Foto saat menunggu buka puasa (Dokpri)

Rasanya sungguh menyenangkan ya, menjalani Ramadan kali ini tanpa beban dan kekhawatiran akan pandemi. Nggak terasa, kita sudah bisa melewati Ramadan yang cukup sulit dua tahun berturut-turut. Kini, saatnya kita lebih leluasa melakukan berbagai kegiatan mengasikkan di Ramadan 2023 ini.

Sebenarnya ada banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa, baik di rumah maupun di luar rumah lho. Menjelang waktu berbuka puasa adalah masa kritis bagi kebanyakan orang yang menjalankan, di mana kita sudah mulai merasa lemas dan kelelahan. Makanya penting banget untuk mengisinya dengan aktivitas menyenangkan bersama orang terkasih. Istilah ini dikenal dengan ngabuburit.

Hayoo, pasti udah sering denger deh istilah ngabuburit!

Ngabuburit adalah sebuah tradisi yang ada di Indonesia untuk menunggu waktu buka puasa. Ternyata kata ini berasal dari bahasa Sunda yang memiliki kepanjangan sendiri yaitu “ngalantung ngadagoan burit” artinya bersantai sambil menunggu waktu sore.

Nah, berikut ini adalah lima aktivitas seru yang bikin ngabuburit jadi makin asik!

1. Membaca Al-Qur'an

Ramadan menjadi kesempatan bagi kita, umat muslim untuk berlomba-lomba meningkatkan ibadah karena di bulan ini segala pahala yang dilakukannya akan dilipatgandakan. Salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan di bulan puasa ini adalah membaca Al-Quran di waktu-waktu seperti sambil menunggu berbuka puasa.

2. Menonton Film Favorit

Menonton adalah salah satu aktivitas yang banyak digemari oleh masyarakat. Dari anak-anak hingga dewasa menyukai kegiatan yang satu ini. Untuk mengisi waktu luang menjelang buka puasa, kita dapat menonton film bersama keluarga maupun kerabat.

Terlebih saat ini kita nggak perlu repot ke bioskop untuk menonton film favorit. Cukup mengandalkan Wifi rumah IndiHome dari Telkom Indonesia, kita bisa mengakses berbagai movie streaming platform yang menyediakan film-film berkualitas dengan berbagai genre. Tinggal pilih aja deh, mana film yang ingin kamu tonton.

Kalau aku pribadi sih, merekomendasikan genre film yang bertajuk islami maupun yang bergenre komedi agar kita dapat terbawa suasana happy yang meningkatkan mood menjelang berbuka puasa.

3. Berolahraga

Selain menonton film, kita juga bisa melakukan olahraga sebagai kegiatan ngabuburit. Melakukan olahraga 1 jam sebelum berbuka puasa adalah hal yang direkomendasikan karena dapat membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan lho. Dengan melakukan olahraga sebelum berbuka, nantinya kita akan segera mendapatkan kembali cairan tubuh yang telah hilang dan menambah asupan energi selama berpuasa dan berolahraga.

Kalau aku sih lebih prefer untuk berolahraga di rumah aja, dibandingkan dengan di gym. Selain lebih fokus, vibes berolaharga di rumah saat Ramadan juga terasa lebih nyaman. Untuk jenis olahraganya, biasanya aku sesuaikan dengan mood. Kadang yoga, HIIT, plank, atau senam. Nggak perlu bingung perihal gerakannya, karena kita bisa melihat tutorialnya di Youtube, terlebih dengan adanya wifi rumah IndiHome dengan jaringan yang stabil, nonton video olahraga di Youtube jadi lancar tanpa buffering.

4. Berburu Takjil

Momen berburu takjil selama Ramadan adalah momen spesial yang pasti ditunggu semua muslim. Nggak dipungkiri ya, menjelang berbuka puasa kita akan banyak menjumpai berbagai penjual yang menjajakan makanan dan minuman di sepanjang jalan. Berburu takjil dapat menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengunjungi kedai-kedai penjual makanan baik yang ada di sepanjang jalan, pasar, mall, dan taman-taman kota. Sebelum membeli, biasanya aku suka scrolling sosial media menggunakan wifi rumah untuk melihat review dan rekomendasi menu pilihan takjil yang enak-enak, seperti; kolak pisang, sop buah, es cendol, aneka gorengan dan lain sebagainya.

5. Mempersiapkan Hidangan Buka Puasa

Jika merasa takjil yang dijajakan di pinggir jalan kurang sehat untuk keluarga, kita bisa lho mempersiapkan sendiri hidangan buka puasa di rumah. Selain lebih sehat, dengan mempersiapkan sendiri di rumah, kita bisa leluasa mengeksplorasi menu-menu sajian berbuka puasa untuk keluarga.

Sekarang sudah banyak lho tayangan masak-memasak selama Ramadan yang bisa menjadi inspirasi menu berbuka di rumah. Aku pribadi sih, selain melihat berbagai konten di Youtube dan sosial media seperti Instagram, TikTok dan Facebook, juga kerang melihat tayangan di masak-memasak di Netflix. Alhamdulillah semua lancar terkendali berkat Wifi rumah IndiHome yang jaringannya super stabil.

Terlebih saat ini Wifi rumah IndiHome juga menyediakan paket bundling dengan Netflix di mana biaya berlangganan jadi lebih terjangkau dan nggak perlu ribet bayar dua tagihan, karena semua sudah dalam satu pembayaran.

Semoga lima kegiatan seru di atas, bisa jadi inspirasi agar ngabuburit kamu jadi makin seru ya! Ramadan Mubarak! ^_^

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image