Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

UMP Gelar Pelatihan dan Pembekalan Da'i

Eduaksi | Monday, 27 Mar 2023, 17:43 WIB
UMP Gelar Pelatihan dan Pembekalan Da'i

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) gelar Pelatihan dan Pembekalan Da'i yang ditujukan untuk seluruh dosen dan karyawan UMP, bertempat di Aula Ak Ansori, pada Selasa (21/3/2023).

Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber, yakni Ustadz Asep Daud Kosasih M Ag yang mengkaji mengenai Keutamaan Dakwah, serta Ustadz Mintaraga Eman Surya Lc MA dengan pembahasan Muhammadiyah sebagai Gerakan dan Dakwah.

Dalam sambutannya, Ustadz Azmi selaku ketua panitia menyampaikan dasar dari terselenggaranya pelatihan ini yakni ada satu tuntutan dalam rapat kerja Universitas tahun lalu bahwa perlu adanya agent of change.

"Sehingga kami melaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan pegawai UMP mengenai fikih dakwah serta mengingatkan kembali peran kita sebagai pegawai di Perguruan Tinggi Muhammadiyah supaya nantinya bisa berkontribusi dalam korps mubaligh di tingkat ranting maupun cabang masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Bidang Riset Inovasi dan Sumber Daya Manusia Assoc Prof Dr Anwar Ma'ruf MT mengatakan bahwa kegiatan semacam ini dapat menjadi refleksi diri untuk tetap berorientasi kepada akhirat.

"Kegiatan seperti ini mampu menjadi tambahan motivasi agar lebih semangat menyambut acara yang direncanakan ke depan, khususnya saat Ramadan. Kegiatan ini juga mampu mengingatkan kita bahwa dunia bukan tujuan akhir, namun hanya persinggahan, maka berdakwahlah supaya kita mampu menjadi bagian dari mereka yang mendapat kemenangan dan kebahagiaan," jelasnya.

Ustadz Asep Daud Kosasih M Ag dalam penyampaian materinya menjelaskan tiga keutamaan dakwah yang meliputi; sebaik-baiknya amal adalah dakwah, dakwah menjadi tugas pokok rosul, serta dakwah menjadi sebuah kehidupan yang dibingkai dengan nuansa Ketuhanan.

Sementara itu, Ustadz Mintaraga Eman Surya Lc MA, menyampaikan bahwa terdapat empat tahap penting dalam berdakwah, yakni mengubah kebodohan menjadi pengetahuan, dari pengetahuan kepada ide, dari ide menuju gerakan, dari gerakan kepada tujuan yaitu keridhoan Allah SWT atau meninggikan kalimat Allah SWT. (zah/tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image