Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amril Prayoga

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Dimasa Pandemi Covid-19

Info Terkini | Monday, 20 Dec 2021, 20:27 WIB

Pentingnya menjaga kesehatan mental dimasa pandemi covid-19. Itulah judul yang akan saya bahas dalam artikel ini. Covid-19 memiliki banyak dampak dan yang paling parah menyebabkan kematian, salah satunya berdampak signifikan terhadap kesehatan mental manusia. Hal ini perlu disikapi  pemerintah terkait kesehatan mental. Informasi ini sangat bermanfaat untuk para pembaca.

Di Psikologi saya banyak belajar teori, Salah satunya adalah Behaviorisme oleh John B. Watson. Teori ini menjelaskan  belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat interaksi antara stimulus dan respon. Menurut teori ini yang terpenting adalah input dan output. Jika kita melihat pada kenyataannya, Pandemi merupakan masukan dan pendorong bagi kita. Bagaimana kita mendapatkan hasil keluaran, Keluaran positif atau bahkan keluaran negatif, Itu tergantung bagaimana kita menerima masukan yang ada. Psikosomatis merupakan penyakit fisik yang disebabkan oleh faktor psikologis, Saat ini dunia sedang disibukkan dengan topik utama yaitu covid-19. Penyakit virus corona merupakan jenis virus baru yang menyerang kekebalan tubuh dan yang paling fatal dapat menyebabkan kematian. Penyebaran yang begitu cepat membuat setiap individu merasa cemas dan tegang, Kecemasan ini dapat membuat individu tersebut mengalami psikosomato seperti merasa sesak nafas, Dan pusing.

Pandemi memiliki banyak pembenci. Itu semua terjadi karena banyak orang merasa bahwa pandemi membuat kita sulit, Dan kita tidak bisa berbuat apa-apa. Di sisi lain, kita tidak bisa pergi kemana-mana, kita harus tetap dirumah saja, Didalam kotak besar ini. Nah sekarang bagaimana kita bisa menerima masukan yang ada agar kita bisa berdamai dengan hal-hal yang kita tidak sukai. Bahkan sebelum pandemi ini, Sistem pendidikan kita telah menghadapi banyak masalah. Melihat perkembangan sejauh ini dan melihat masukan dari siswa dan pengajar itu sendiri, Itu sangat sulit. Saya masih belum siap untuk memikirkan persyaratan akademis ketika kita berada di tengah pandemi, Dimana kesehatan saya dan keselamatan keluarga saya berisiko tinggi. Ya, Jika kita ingin memiliki keluaran yang positif, Kita harus menerima masukan yang positif juga.

Jadi dampak covid-19 ini sangatlah banyak, Diantaranya bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Kenapa bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang? Dikarenakan banyak sekali masalah yang diderita oleh orang itu sendiri, Entah dari krisis ekonomi mereka, Entah dari keseharian mereka yang bingung ingin melakukan apa, Apalagi kematian karena covid-19 ini banyak sekali orang-orang frustasi karena ditinggal anggota keluarganya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image