Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Rizal Hermawan

Daftar Kegiatan yang Bisa Dilaksanakan Selama Ramadhan 1444 Hijriyah

Agama | Wednesday, 22 Mar 2023, 21:39 WIB

Ramadhan Tahun 2023

Pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1444 H akan jatuh pada har Kamis, 23 Maret 2023. Dengan demikian, pada hari artikel ini ditulis takni 22 Maret 2023 telah dimulai sholat tarawih pertama di tahun 1444 Hijriyah. Semoga selama bulan ramadhan di tahun ini, kita mampu menjalankan amal ibadah yang lebih baik lagi daripada ramadhan-ramadhan sebelumnya.

Sumber : biroekbang.bantenprov.go.id

Kegiatan Selama Bulan Ramadhan

Ada banyak sekali kegiatan positif yang dapat kita lakukan di bulan yang penuh keistimewaan ini. Jadi, sebagai seorang muslim hendaknya kita memperbaiki diri dan amalan dalam bulan Ramadhan ini.

Sebaiknya, amalan-amalan sunnah yang tidak pernah kita kerjakan di bulan-bulan biasa kita kerjakan selama bulan Ramadhan ini. Seperti sholat sunnah yang mengikuti sholat fardlu, sholat dhuha dan masih banyak lagi amalan sholat sunnah yang dapat kita kerjakan di bulan yang mulia ini.

Mari, kita bersama-sama menghadirkan diri kita dengan sungguh-sungguh di bulan Ramadhan ini untuk beramal baik. Berikut beberapa list kegiatan selama bulan Ramadhan yang dapat kita kerjakan:

 

  1. One Day One Juz : Marilah kita bersama-sama berusaha untuk khatam Al Quran di Bulan Suci Ramadhan ini dengan menerapkan satu hari satu juz. Gunakanlah waktu setelah sholat untuk membaca Al Qur'an agar dapat khatam Al Qur'an di Bulan Ramadhan ini.
  2. Sholat Sunnah Rawatib : Sholat sunnah yang mengiringi sholat fardlu. Sangat banyak sekali faedah dari sholat sunnah rawatib ini yang telah dijelaskan dari beberapa Hadist Nabi Muhammad SAW. Jadi, marilah kita bersama-sama berusaha melaksanakan sholat sunnah Rawatib ini.
  3. Ikut Mengaji : Selama Bulan Ramadhan hampir seluruh Pondok Pesantren yang berada di Indonesia mengadakan Ngaji Kilatan dimana selama Bulan Ramadhan ditargetkan khatam pada kitab tertentu yang digunakan untuk mengisi kegiatan mengaji selama Bulan Ramadhan. Dengan ikut mengaji kilatan, kita bisa mendapatkan ilmu baru dan tentunya menghiasai Bulan Suci Ramadhan dengan kegiatan yang positif.
  4. Mengikuti Tadarus di Masjid atau Mushola : Mungkin selain bulan Ramadhan kita jarang untuk menghampiri masjid dan mushola karena adanya kesibukan=kesibukan yang membuat kita tidak sempat untuk mengunjunginya. Namun, pada Bulan Suci Ramadhan ini marilah kita bersama-sama untuk meramaikan masjid atau mushola terkedat dengan mengikuti tadarus yang biasanya dilaksanakan setelah Sholat Tarawih.

Mungkin itulah beberapa kegiatan yang dapat kita lakukan di Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah. Apabila ada tambahan silahkan ditambahkan saja ya sobat. Marilah kita bersama-sama menghiasi Bulan Suci Ramadhan ini dengan amalan-amalan Sunnah dan kegiatan positif lainnya.

Semoga kita diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk mengikuti Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah secara penuh hingga tiba Bulan Syawal. Amiin Amiin Amiin Yaa Robbal Alamiin.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image