Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdani

Marhaban ya Ramadhan, Sambut Bulan Suci Ini dengan Memperbanyak Ibadah

Khazanah | Wednesday, 22 Mar 2023, 10:01 WIB
Marhaban ya Ramadhan (Foto Pribadi)

Sebagai seorang muslim saya saya sangat bersyukur kepada Allah SWT dan berharap agar dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini.

Bulan Ramadhan bagi umat Islam merupakan rahmat dan anugerah Allah yang luar biasa. Karena di bulan ini segala dosa-dosa manusia yang beriman kepada Nya diampuni.

Oleh sebab itu, maka orang yang telah menunaikan ibadah puasa selama hari-hari yang telah ditentukan di bulan suci ini akan bersih dari segala dosa di masa lalu yang telah diperbuatnya.

Bulan Ramadhan banyak istilah dan nama yang disematkan pada nya. Ada yang menyebut ramadhan sebagai bulan ampunan, bulan pembebasan manusia dari api neraka, bulan turunnya Al-Qur'an, dan sebagainya.

Namun yang pasti bulan ramadhan adalah bulan yang agung dan penuh barakah.

“Barang siapa yang bershaum dengan penuh keimanan dan harapan (pahala dari Allah), niscaya Allah mengampuni dosa-dosa yang telah lampau.” (Muttafaqun ‘alahi)

Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa Sallam juga bersabda:

“Setiap amalan bani Adam akan dilipat-gandakan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “kecuali ibadah shaum, shaum itu ibadah untuk-Ku dan Aku sendiri yang membalasnya.” (HR. Muslim).

Di bulan Ramadhan pahala dari setiap amal ibadah apa saja akan dilipatgandakan. Maka ada orang yang mengatakan ramadan sebagai bulan "obral pahala" dari Allah SWT.

Semestinya dalam menyambut Ramadhan Mubarak ini kita mempersiapkan iman dan niat ikhlas. Hendaknya kita berniat untuk benar-benar mengisi Ramadhan ini dengan meningkatkan ibadah dan amal shalih. Baik puasa itu sendiri, memperbaiki kualitas ibadah shalat kita, berjama’ah di masjid, qiyamul lail (shalat tarawih), tilawatul qur’an, memperbanyak dzikir, shadaqah, dan berbagai amal shalih lainnya.

Wallahu 'alam

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image