Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mugi Prasetio

5 Kenyataan Hidup yang akan Dilewati Saat Dikatakan Sudah Dewasa

Gaya Hidup | Tuesday, 21 Mar 2023, 01:52 WIB

Menjadi dewasa adalah proses hidup yang akan dilalui setiap orang. Di tahap dewasa mata dan hati kita akan terbuka bahwa kenyataan tidak semua berjalan seperti yang diharapkan. Kejadian-kejadian tak terduga tentu datang silih berganti menjadikan pelajaran berharga untuk dilalui, tantangan dan rintangan yang dihadapi juga pasti akan menjadi semakin besar. Jadi, Siap tidak siap kita pasti melaluinya.

Sudah Dewasa ?

Usia berapa seseorang dikatakan Dewasa?

Mengacu pada Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPer) pasal 330 menyatakan: "Seseorang dianggap sudah dewasa jika sudah berusia 21 tahun atau sudah (pernah) menikah.” Jadi, sebenarnya tidak ada batasan pada usia tentang seseorang dianggap dewasa, karena terdapat kata "atau sudah (pernah) menikah" pada pasal tersebut, sehingga usia 18 tahun juga bisa dikatakan sudah dewasa ketika sudah (pernah) menikah.

ini dia 5 Kenyataan hidup yang akan dilewati saat dikatakan sudah dewasa:

1. Menganggap kesempatan dan waktu adalah hal yang sangat berharga.

Ini merupakan tahap pertama fase kedewasaan, disaat kita mulai menyadari bahwa kesempatan dan waktu yang kita miliki harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan dengan seoptimal mungkin, baik itu dalam segi karier, keuangan, maupun percintaan.

2. Selektif dalam berteman.

Semakin bertambahnya usia tentunya kita akan memiliki teman semakin banyak, namun seseorang yang dikatakan dewasa adalah ketika dia sudah dapat memilih mana teman yang berdampak baik atau buruk untuknya dan dia bisa meninggalkan atau menjauhi orang orang yang toxic dan berdampak buruk untuk dirinya, juga dia akan berada di circle pertemanan yang semakin sedikit atau kecil.

3. Mulai berfikir bahwa tidak bisa membahagiakan semua orang.

dapat menyenangkan dan membahagiakan semua orang yang ada disekeliling kita tentunya harapan dari setiap orang, namun kedewasaan pasti menyadarkan bahwa hidup itu selalu akan dihadapkan oleh 2 pilihan, dan disaat kita memilih salah satu yang terbaik dari pilihan itu maka tentu ada pihak lain yang akan kita lukai atau sakiti. Dan kita mulai berfikir bahwa pilihan kita tidak dapat membahagiakan semua orang.

4. Semakin peduli dengan kesehatan mental.

Mental merupakan sumber dari segala emosi yang kita miliki. Dan seseorang yang dapat dikatakan dewasa adalah orang yang sudah menganggap pentingnya kesetahan mental setara dengan pentingnya kesehatan fisik, orang yang juga sudah berfikir dan bertindak berani untuk menghindari dan bersikap cuek dengan hal-hal yang akan membawanya kedalam tindakan negatif dan merugikan dirinya.

5. Sadar bahwa kehidupan tidak selalu menyenangkan.

dalam hidup, kita akan dihadapkan dengan suatu kegagalan, pengalaman buruk, dan kekecewaan yang terkadang akan menghadirkan emosi negatif dalam diri, namun disaat itu juga saat kita mulai menyadari dan belajar dari hal tersebut serta dapat bersikap lebih bijak, menjadi versi lebih baik, lebih empati, kuat resilien, dan siap, itulah fase dimana kita dikatakan sudah dewasa.

Tentu, setiap orang akan melewati fase kedewasaan yang berbeda-beda. Dan yang pasti itulah lima kenyataan hidup yang akan kita lewati saat dikatakan kita sudah dewasa. Kita harus besiap untuk mengadapinya dan melatih mental kita untuk lebih kuat, siap, dan bijak menghadapi fase kedewasaan.

Semoga Bermanfaat !

[Mugi Prasetio - Bandar Lampung, 21 Maret 2023]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image