Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Budi Santosa

10 Kampus Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023, Nomor 1 Malah Kampus Swasta Lho.

Eduaksi | Monday, 20 Mar 2023, 16:04 WIB

Halo Calon Mahasiswa Hebat Indonesia, tahukah kamu bahwa ada Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta se-Dunia loh. Yaps Lembaga Pemeringkatan tersebut adalah Webometrics.

10 Kampus Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023

Apa Itu Pemeringkatan Webometrics?

Pemeringkatan Webometrics adalah sebuah indeks yang mengevaluasi kualitas dan visibilitas sebuah website universitas atau institusi melalui penghitungan sitasi dan pengunjung yang dilakukan oleh mesin pencari seperti Google. Pemeringkatan ini dikembangkan oleh Cybermetrics Lab, kelompok penelitian yang berbasis di Spanyol. Pemeringkatan Webometrics ini dilakukan setiap enam bulan sekali dan meliputi ribuan institusi di seluruh dunia.

Tujuan Pemeringkatan Webometrics

Tujuan dari pemeringkatan Webometrics adalah untuk memberikan pengukuran yang obyektif mengenai kualitas dan visibilitas sebuah website institusi atau universitas. Hal ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi institusi untuk memperbaiki website mereka agar lebih relevan dan dapat ditemukan oleh mesin pencari. Selain itu, pemeringkatan ini dapat membantu institusi atau universitas dalam menentukan strategi pemasaran dan meningkatkan visibilitas mereka secara global.

Metodologi Pemeringkatan Webometrics

Pemeringkatan Webometrics didasarkan pada empat indikator utama, yaitu visibilitas (50%), keberadaan (10%), sitasi (20%), dan kolaborasi (20%). Visibilitas merujuk pada jumlah halaman yang diindeks oleh mesin pencari, sedangkan keberadaan mengukur seberapa banyak tautan yang terhubung ke website. Sitasi menghitung jumlah referensi ke website institusi dalam publikasi ilmiah, sedangkan kolaborasi mengukur kerja sama institusi dengan institusi lain melalui publikasi ilmiah.

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Terbaik 1 PTN/PTS Nasional Pemeringkatan Impact Rank Webometrics

Dalam melakukan pemeringkatan Webometrics, Cybermetrics Lab menggunakan teknologi web crawling dan analisis bibliometrik. Web crawling dilakukan untuk mengumpulkan data dari website institusi atau universitas, sedangkan analisis bibliometrik dilakukan untuk mengukur kualitas dan kuantitas sitasi.

Berikut Daftar 10 Kampus Terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023

1. Universitas Teknokrat Indonesia

2. Universitas Brawijaya

3. Universitas Indonesia

4. Universitas Gadjah Mada

5. IPB University / Bogor Agricultural University

6. Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta

7. Universitas Jenderal Soedirman

8. Universitas Pendidikan Indonesia

9. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka

10 Universitas Padjadjaran Bandung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image