Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Azizah Ardyanti

Bikin E-Paspor Anti Galau

Leisure | Sunday, 19 Mar 2023, 09:38 WIB
Biaya Pembuatan Paspor (Google)

Healing ke luar negeri, why not? Dokumen yang kita butuhkan adalah Paspor. Paspor adalah dokumen identitas pribadi untuk berpergian ke luar negri. Seperti KTP, Paspor ini juga ada rekam jejak keluar masuk dari negara yang pernah kita dikunjungi.

Bulan Februari yang lalu, Paspor saya telah habis masa aktifnya, sehingga saya harus perpanjang Paspor lagi. Paspor sebelumnya yang saya pegang adalah paspor biasa karena E-Paspor sendiri baru mulai ada tahun 2013. Saya memutuskan untuk memperpanjang paspor dengan E-Paspor karena E-Paspor bisa free entry alias bebas visa ke negara Jepang dan juga bisa keluar melewati Imigrasi auto gate di bandara, karena di dalam E-Paspor ada chipnya jadi tinggal scan saja.

Harga untuk mengurus E-Paspor adalah Rp. 650.000,- saja. Berkas yang dibutuhkan untuk mengurus E-Paspor adalah E-KTP (Asli dan fotokopi), Akte Kelahiran/Ijazah/buku nikah (Asli dan fotokopi), Kartu Keluarga (Asli dan fotokopi), Paspor lama (untuk perpanjangan paspor), Surat rekomendasi (untuk pendaftar e passport domisili di luar Jakarta, Surabaya, Batam).

Pendaftar E-Paspor harus langsung datang ke Imigrasi kelas 1 yang terdapat hanya di Jakarta, Surabaya, Batam. Untuk Imigrasi kelas 1 semua memberlakukan kurang lebih 350 formulir setiap hari nya dan hanya bisa di ambil saat kantor imigrasi buka pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Kita akan diberikan formulir dengan map berwarna kuning dan nomor antrian. Semua formulir wajib diisi, dan berkas perlengkapan dimasukan ke dalam map kuning tersebut. Jika bingung cara pengisian formulir, bisa ditanyakan kepada petugas imigrasi. Selanjutnya tinggal menunggu nomor antrian untuk foto dan wawancara. Setelah wawancara, kita akan diberikan nomor pendaftaran untuk pembayaran via transfer melalui Bank: BNI/BCA/MANDIRI. Setelah proses pembayaran selesai, bukti pembayaran disimpan untuk mengambil E-Paspor sesuai waktu yang telah ditentukan.

Proses pendaftaran sangat mudah dan tidak ribet, jangan ragu perpanjang Paspor kamu dan mari healing bersama. (@zizardyan)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image