Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abdimas Kwarnas

Monitoring Kampung Pramuka di Tasikmalaya, GKR Mangkubumi Ingatkan Pentingnya Kolaborasi

Edukasi | Sunday, 19 Mar 2023, 05:56 WIB
Foto : Abdimas Kwarnas

GKR Mangkubumi, Wakil Ketua Kwartir Nasional/Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat bersama para andalan nasional dan staf melakukan kunjungan monitoring perkembangan Kampung Pramuka di Kwartir Cabang Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (18/03/2023).

Dalam kunjungannya kali ini, GKR Mangkubumi mengingatkan pentingnya kolaborasi antar seluruh elemen di Gerakan Pramuka, salah satunya Satuan Karya.

GKR Mangkubumi menyebutkan bahwa saka-saka yang ada harus bisa bergabung dan berkolaborasi di Kampung Pramuka yang ada.

"Saka bisa dipilah-pilah sesuai dengan bidangnya masing-masing dan bersama-sama mengisi Kampung Pramuka," ujar GKR Mangkubumi.

Kunjungan monitoring disambut hangat oleh jajaran pimpinan Kwartir Daerah Jawa Barat, pimpinan Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya, dan juga segenap pengurus kwarcab.

Diketahui bahwa saat ini Kwarcab Tasikmalaya telah meresmikan 12 Kampung Pramuka yang merupakan program nasional, amanat Musyawarah Nasional tahun 2013 silam.

Sebelumnnya disampaikan oleh Ketua Harian Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya, Eka Kuswara bahwa Kampung Pramuka pertama kali diresmikan pada 7 Agustus 2021 di Kampung Pasirjeungjing, Lengkongjaya, Cigalontang, Tasikmalaya.

Kuswara yang merupakan inisiator Kampung Pramuka tersebut menyebutkan bahwa Kampung Pramuka memberikan pemberdayaan secara ekonomi. Pengembangan Kampung Pramuka di Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya ini dimulai dari adanya Gugusdarma di wilayah setempat.

Hingga tahun 2024, Kuswara menyebutkan punya target 39 Kampung Pramuka, sesuai dengan jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Tasikmalaya yang juga diamini oleh Ketua Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Mohamad Zen, M.Pd..

Dalam kesempatan tersebut, Zen menyampaikan bahwasanya kehadiran Kwarnas, dalam hal ini Komisi Abdimas sangat memberikan motivasi bagi dirinya beserta jajaran untuk terus memperjuangkan target 39 Kampung Pramuka.

Menurutnya, kampung pramuka sebagai agen perubahan, merupakan laboratorium kehidupan, yang menghadapi berbagai macam perubahan yang ada.

"Ini tidak mudah, saya bisa saja perintahkan setiap camat. Namun bukan itu, karena sesuatu yang dipaksakan saya tidak yakin ini bisa bertahan," sambung Zen.

Zen meyakini bahwa sesuatu yang dimulai dari bawah akan menjadi sesuatu yang membangkakan bagi semua, dan merupakan investasi dunia akhirat yang tidak akan terlupakan.

Sementara itu Ketua Harian Kwarda Jawa Barat yang turut hadir memberikan sambutan bahwa Kwarcab harus membuat inovas atau hal-hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Ditegaskan oleh Deny bahwa bahwa pramuka harus hadir di tengah masyarakat.

"Ketika inovasi hadir dari bawah, akan terasa bahwa pramuka itu memang benar-benar hadir di tengah masyarakat," ujarnya.

Tim monitoring dari Kwarnas ini akan mengunjungi 4 dari 12 Kampung Pramuka di Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu (19/03/2023). Hal tersebut juga telah dikomunikasikan dengan para pengelola kampung pramuka.

***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image