Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Wulan Dana AKS D

Penggunaan BBM Meningkat, Sumber Daya Alam Minyak Bumi Menipis

Edukasi | Friday, 17 Mar 2023, 12:37 WIB

Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Minyak bumi itu berasal dari peruraian tumbuhan dan hewan yang prosesnya itu sangat lama. Dari prosesnya yang membutuhkan waktu yang lama itu dapat menghasilkan bahan bakar, mulai dari bensin, minyak tanah, solar, dan lain lain.

Karena, Minyak bumi sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ini sehingga penggunaan yang cukup banyak mengakibatkan persediaan minyak bumi menipis dan bisa habis. Apalagi banyaknya penggunaan minyak bumi ini tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Dan hal itu jika terus menerus dilakukan dapat mengakibatkan kelangkaan minyak bumi.

Menurut Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa cadangan minyak bumi di Indonesia akan tersedia hingga 9,5 tahun mendatang, sementara umur cadangan gas bumi Indonesia mencapai 19,9 tahun.

"Ini dengan asumsi tidak ada penemuan baru dan tingkat produksi saat ini sebanyak 700 ribu barel oil per day (bopd) dan gas 6 billion standard cubic feet per day (bscfd)," ungkap Arifin dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Selasa (19/1).

Solusi dari pemerintah tentang Cadangan minyak bumi itu dengan cara meningkatkan produksi minyak bumi. Untuk meningkatkan produksi minyak di Indonesia, Salahuddin mengatakan pemerintah perlu mengambil langkah strategis, salah satunya memikirkan cara untuk menarik investor. Misalnya dengan merancang insentif investasi yang menarik, mempermudah peraturan, dan memberikan kepastian terkait regulasi. Selain itu juga pemberian insentif pengembangan energi baru terbarukan (EBT) untuk mengurangi beban import minyak bumi.

Solusi lainnya yaitu mengurangi penggunaan kendaraan yang berlebihan dan mengurangi penggunaan BBM.

Dari hal itu kita harus mengurangi penggunaan BBM (Bahan Bakar minyak). Selain untuk menghemat minyak bumi, pengurangan penggunaan BBM (Bahan Bakar Minyak) juga dapat mengurangi kemacetan, folusi udara, kecelakaan, dan lain-lain.

Banyak cara untuk mengurangi penggunaan BBM. Salah satunya yaitu mengurangi penggunaan kendaraan seperti mobil, motor, dan kendaraan lainnya yang menggunakan BBM untuk berpergian jarak yang deket. Jika jarak berpergian yang dekat misalnya pergi kewarung, pasar, dan lain-lain lebih baik berjalan kaki. Berjalan kaki selain bisa untuk menghemat penggunaan BBM bisa juga mengurangi polusi udara, dan juga bisa membuat sehat dengan berjalan kaki. Selain berjalan kaki ada juga cara lain yaitu menggunakan sepedah.

Namun, hal itu juga dapat dilakukan dengan adanya kesadaran dari diri kita sendiri. Dan pemerintah juga harus bisa memberikan sosialisasi dan solusi untuk mengurangi penggunaan BBM yang cukup banyak di Indonesia Ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image