Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sania lisdayanti

MEMAHAMI PENTINGNYA PRODUKSI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

Eduaksi | Monday, 20 Dec 2021, 09:49 WIB

Produksi sangat berpengaruh bagi manusia dimuka bumi ini. Menurut Adi Warman Karim, sesungguhnya produksi lahir dan tumbuh dari menyatunya manusia dengan alam. Manusia sangat bergantung pada sumber daya alam (SDA) sehingga masyarakat harus cerdas dalam memanfaatkan sumber daya alam tersebut. Masyarakat tidak boleh hanya menggunakan sumber daya alam yang secukupnya untuk kebutuhan sehari-hari, karena konservasi sumber daya alam menentukan nasib dari generasi berikutnya yang juga membutuhkan sesuatu yang serupa.

Produksi yang merupakan proses menciptakan benda baru atau mengeluarkan hasil suatu barang atau juga sebagai proses mengelola atau membuat sesuatu yang disebut input menjadi sebuah barang atau jasa yang disebut sebagai output. Proses ini dilakukan agar suatu produk tersebut dapat dimanfaatkan atau berguna bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini menjadikan proses produksi sangat penting perannya bagi manusia.

Faktor-faktor produksi yang perlu kita kenali sebagai berikut:

a) Sumber Daya Alam, Sumber Daya Alam merupakan segala sesuatu yang tersedia di alam dan dapat dimanfaatkan manusia guna memenuhi kebutuhan. Contohnya adalah udara, tanah, air, dan lain-lain.

b) Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Manusia merupakan kemampuan manusia berupa jasmani dan rohani yang berperan untuk meningkatkan guna barang. Sumber daya manusia terbagi menjadi tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih, serta tenaga kerja tak terlatih dan tak terampil.

c) Sumber Daya Modal, Sumber Daya Modal adalah uang atau barang yang dipakai sebagai pokok untuk berdagang. Modal adalah barang atau hasil produksi yang digunakan untuk menghasilkan produk lebih lanjut. Modal tidak harus berupa uang. Modal dapat berupa barang yang dihasilkan. Barang-barang modal disebut juga alat-alat produksi.

Tujuan produksi sendiri tentunya yang utama adalah untuk memenuhi kebutuhan kehidupan manusia atau konsumen. Selain itu, produksi juga memiliki tujuan untuk memeroleh keuntungan yang sebesar-besarnya, menghasilkan barang setengah jadi untuk memenuhi kebutuhan produksi selanjutnya, hingga memacu tumbuhnya usaha produksi lain untuk mengurangi pengangguran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image