Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Hasan

Gerak Cepak Erick Thohir Jalin Kolaborasi Bangun Sepak Bola Indonesia Mendunia

Olahraga | Friday, 17 Mar 2023, 10:37 WIB
Foto: CNN Indonesia

Kemampuan & leadership Erick Thohir di PSSI tak diragukan lagi. Di bawah kepemimpinannya, PSSI makin aktif menjalin kolaborasi dengan federasi sepak bola negara lain.

Di antaranya dengan federasi sepak bola Jepang (JFA) dan federasi sepak bola Arab Saudi (KSA). Tujuannya untuk membuat sepak bola Indonesia makin kompetitif dan mendunia.

Selain itu, Erick juga berhasil memastikan FIFA match day lawan Palestina pada14 Juni 2023. Keberhasilan kolaborasi PSSI dengan federasi lain tak lepas dari beberapa hal.

Pertama, pengalaman internasional dan kemampuan diplomasi Erick dalam menjajaki kerja sama pengembangan sepak bola dengan federasi lain tak diragukan lagi.

Terbukti pertemuan Erick Thohir dengan pihak JFA mampu melahirkan kerja sama. Tidak hanya itu, PSSI juga sedang menjajaki kemungkinan kolaborasi dengan KSA.

Bagi Erick, penjajakan kerja sama seperti ini bukan kali pertama di sepak bola. Ia punya portofolio yang bagus saat mengurus Inter Milan, DC United, dan Oxford. Sehingga kolaborasi internasional seperti ini bukan hal baru.

Kedua, Erick - harus kita akui - memiliki sense atau kepekaan (kemampuan) dalam membaca dan memanfaatkan berbagai kesempatan.

Terbukti kesepakatan kolaborasi PSSI dengan federasi sepak bola Jepang dan Arab Saudi itu terjalin dalam momentum Kongres FIFA di Kigali, Rwanda.

Selain itu, Erick memiliki komitmen yang tinggi, dan sangat antusias di dalam usaha melakukan revolusi sepak bola Indonesia.

Respon federasi lain sangat antusias dengan PSSI. Presiden JFA Tashima Kohzo antusias mendukung revolusi pembenahan sepak bola Indonesia. Ada tiga item dalam fokus kolaborasi dengan JFA.

Meliputi pengembangan kompetisi liga, perbaikan perwasitan dan pengembangan sepak bola putri di Indonesia.

Demikian pula dengan respon Presiden KSA Yaser Al Misehal dan Presiden AFC Shaikh Salman Al Khalifa. Mereka antusias dan mendukung upaya pembenahan total sepak bola Indonesia.

Ke depan, PSSI akan terus menjalin kolaborasi dengan federasi negara lain. Yang pasti, ini sangat mendukung dalam memajukan sepak bola mendunia.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image