Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mohamad Fadhilah Zein

Target 700 Miliar, Nusantara Foundation Gelar Charity Fun Run

Olahraga | Thursday, 16 Mar 2023, 21:48 WIB
Konferensi pers pelaksanaan Inka Nusantara Charity Fun Run dengan tajuk "Tebar Cahaya Nusantara, dari Indonesia untuk Dunia"

Nusantara Foundation menargetkan penggalangan dana hingga Rp700 miliar untuk pembangunan kawasan pesantren seluas 10 hektar di Amerika Serikat. Penggalangan dana ini dilakukan melalui event olahraga yang diberi nama Inka Nusantara Charity Fun Run. Rencananya event tersebut akan digelar pada 7 Mei 2023 di Jakarta dan juga 12 kota lainnya di Indonesia serta satu kota di Amerika Serikat.

"Sejak 2018 kita telah membuka peluang donasi dan membeli tanah seluas 10 hektar dengan nama Yayasan Inka Nusantara Madani," kata Ketua Muslim Abdullah saat menggelar konferensi pers di FX Sudirman, Jakarta, Kamis 16 Maret 2023.

Dia menambahkan lembaga bentukan Imam Shamsi Ali ingin membangun pesantren, miniatur Indonesia dan lembaga interfaith di kawasan tersebut. Lembaga ini terdorong untuk menjadikan pesantren mampu menjawab tantangan global. Oleh sebab itu, upaya untuk membangun impian tersebut dilakukan melalui berbagai cara.

"Event olahraga menjadi upaya untuk mengajak warga Indonesia membangun cita-cita tersebut," jelasnya.

"Santri identik dengan kitab kuning, kita ingin membawa santri lebih mengglobal lagi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Markom Nusantara Foundation Irma Rahmat menjelaskan lembaganya telah menyelenggarakan sejumlah program dengan melibatkan banyak pihak, di antaranya lembaga pendidikan. Hal itu tidak lepas dari misi utamanya adalah bidang pendidikan, dakwah serta kemanusiaan.

"Kita berharap dengan event olahraga akan lahir generasi yang mulia dan sehat, serta berwawasan global," ujarnya.

Nusantara Foundation adalah yayasan bentukan Imam Shamsi Ali yang telah malang melintang dalam gerakan dakwah Islam di Amerika Serikat. Dalam banyak kesempatan, Shamsi Ali menyerukan semua pihak untuk mengambil peran dalam perdamaian dunia.

Ketua pelaksana Ramli Arrasyid dari Virtuathlon mengungkapkan ajang lari pagi ini akan dikemas menyenangkan dan semeriah mungkin. Rute yang akan ditempuh adalah sejauh lima kilometer dimulai dari FX Sudirman, Jakarta.

"Kita berharap peserta akan bisa menikmati suasana Jakarta di pagi hari dengan berolahraga," katanya.

Dalam acara itu akan mendatangkan bintang tamu, pelaksanaan bazaar dan doorprize. Peserta adalah untuk semua umur yang terpenting mampu lari sejauh lima kilometer. Pendaftaran dapat diakses melalui inkanusantarafunrun.com/register.

Selain Jakarta, acara ini akan diselenggarakan di Medan, Bandung, Makassar, Lombok, Papua, Semarang, Palembang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Palu, Bogor dan Connecticut.

Untuk menyukseskan perhelatan ini, Inka Nusantara Madani melibatkan banyak pihak antara lain Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, FZ Sudirman, Universitas Al-Azhar Indonesia, YPI Al-Azhar, Insan Cendekia Madani dan masih banyak lagi. (*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image