Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aththaariq Rizki

Waspada! Ketahui 7 Tanda Kondisi Keuangan Perusahaan Anda Sedang dalam Bahaya!

Teknologi | Thursday, 16 Mar 2023, 15:36 WIB
Sumber ilustrasi: Canva/Business

Agar perusahaan tetap berjalan, Anda harus mengurus keuangan perusahaan itu sendiri. Jangan sampai bisnis Anda kehabisan modal saat pesanan barang atau jasa meningkat. Anda sebenarnya dapat mengetahui dari beberapa tanda bahwa situasi keuangan perusahaan dalam keadaan baik atau bahkan dalam bahaya. Berikut ni adalah tanda-tandanya:

Overtrading

Peningkatan penjualan harus sangat disyukuri oleh Pebisnis karena itu berarti pendapatan mereka meningkat. Sayangnya, perdagangan yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada kesehatan keuangan bisnis Anda. Apalagi jika Anda tidak mengelola modal kerja dengan baik sehingga menimbulkan masalah likuiditas. Over-trading meningkatkan kewajiban perusahaan karena modal mereka sendiri digunakan untuk membiayai biaya proses operasi. Untuk melakukan ini, ingatkan pelanggan untuk membayar piutang mereka tepat waktu dan mencegah piutang jatuh tempo yang besar. Jika operasi berjalan lancar tetapi penagihan utang tidak lancar, akibatnya dana yang semula tidak digunakan untuk operasi disalahgunakan untuk membayar pemasok dan karyawan.

Low Profit

Penjualan tinggi adalah hal yang baik, tetapi biaya yang terlibat harus jauh lebih sedikit daripada yang Anda dapatkan. Biaya tinggi memengaruhi keuntungan Anda. Penentuan harga jual yang tidak tepat juga menyebabkan tidak maksimalnya keuntungan. Jika Anda menetapkan harga jual terlalu tinggi, permintaan juga turun drastis. Itulah mengapa penting untuk melakukan riset pasar sebelum menetapkan harga jual barang. Pilihan pemasok yang tepat juga dapat membantu mengurangi biaya bahan baku Anda.

Hutang Berlebih

Perusahaan yang menunjukkan tanda-tanda kesehatan keuangan yang buruk memiliki banyak hutang. Berhutang boleh-boleh saja, tetapi Anda harus ingat bahwa rasio utang terhadap aset maksimum harus 1:2. Terakhir, utang biasanya digunakan untuk mengembangkan usaha agar bisa tumbuh lebih besar lagi di masa depan. Jangan biarkan bisnis Anda meminjam lebih dari asetnya untuk mempertaruhkan masalah kredit di masa depan.

Tingginya Piutang

Penjualan yang baik biasanya memiliki penjualan tunai yang lebih tinggi daripada penjualan kredit. Meskipun menjual secara kredit dapat memberi Anda keuntungan lebih besar, itu juga melibatkan banyak risiko. Penjualan kredit cenderung menghasilkan kredit yang buruk, sehingga Anda tidak hanya kehilangan modal kerja, tetapi juga layanan atau barang yang Anda hasilkan sendiri. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mengevaluasi kreditur berdasarkan reputasi mereka.

Kurangnya Pengawasan

Kurangnya kontrol, terutama di bagian keuangan, akan membuat Anda menderita di kemudian hari. Pembiayaan merupakan isu penting dalam suatu perusahaan karena disitulah arus kas dikendalikan. Audit tahunan dilakukan untuk menilai apakah SOP telah diterapkan sesuai dengan peraturan perusahaan. Selain itu, tidak ada salahnya ikut serta dalam audit keuangan, Anda harus menghindari kemungkinan penipuan oleh karyawan Anda sendiri.

Rekturisasi Besar-Besaran

Reorganisasi sebenarnya adalah hal yang baik, tetapi ketika itu terjadi secara tiba-tiba, tanda tanya muncul di benak. Jika renovasi besar telah dilakukan tetapi tidak ada perubahan yang terlihat, bisnis Anda akan gagal. Mungkin salah satunya adalah kegagalan standar operasional, yang secara langsung berdampak pada tekanan pada organisasi Anda.

Perpindahan Pekerja Tinggi

Selain itu, pergantian karyawan yang tinggi menjadi pertanda bahwa situasi keuangan perusahaan terancam. Karyawan harus mengetahui situasi perusahaan yang tidak begitu baik. Hal ini menyebabkan karyawan tersebut pindah ke perusahaan lain sebelum perusahaan Anda dinyatakan bangkrut.

Untuk mengurangi potensi munculnya bermasalahan di atas, Anda selaku pemilik usaha harus bisa menjalankan proses bisnis secara efektif dan efisien. Untuk itu Anda bisa menggunakan software ERP yang bisa melakukan pencatatan, perhitungan dan pengelolaan proses bisnis secara otomatis. Kurangi human error dan kendala dalam pencatatan akuntansi, finance serta inventory. Ukirama ERP adalah salah satu contoh software ERP terbaik di Indonesia tahun 2023. Cocok untuk Anda yang ingin memaksimalkan potensi dari bisnis perusahaan secara mudah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image