Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anisa Nurul Fitri

Pengembangan Pendidikan Berbasis Islam Terpadu Di Pesantren Darussalam Koposari

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 15 Mar 2023, 16:26 WIB
Pondok Pesantren Darussalam Koposari Cileungsi Bogor

Pesantren Darussalam Koposari yang berlokasi di daerah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Dengan pendidilan yang menetapkan pendekatan boarding school, dimana seluruh santri selama seharian full dipantau dan dibimbing oleh para ustad dan ustadzah.

Sistem pada pondok pesantren ini mengutamakan pendidikan yang berbasis islam terpadu. Selain berbasis pendidikan umum dan ilmu agama, Pesantren Darussalam Koposari memfasilitasi dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler sebagai bentuk mengasah kemampuan para santri.

Pesantren Darussalam Koposari ini memiliki motto “Kencang Berpikir Berpadu Dalam Prestasi”. Dalam artian Pondok Pesantren Darussalam ini tidak kalah saing juga dengan sekolah negeri pada umumnya.

Pondok Pesantren Darussalam Koposari menyediakan program pendidikan 6 tahun yaitu untuk jenjang SMP dan SMA. SMP dan SMA Plus Darussalam adalah sekolah formal dibawah Kemendikbud yang sudah terakreditasi B.

Pondok Pesantren Darussalam Koposari juga menyediakan program tahfidzul Qur’an menjadi fokus utama dalam proses belajar santri. Sehingga kemampuan dan bekal santri Ponpes Darussalam Koposari lengkap.

Kegiatan harian semua santri dimulai pada pukul 4 pagi untuk sholat subuh berjamaah. Kemudian dilanjutkan mempelajari kitab-kitab, lalu para santri harus mengikuti apel pagi di lapangan utama. Dilanjut dengan program tahfidz yang dilakukan di pagi hari. Kemudian para santri belajar di kelas nya masing - masing sesuai tingkat pendidikannya.

Setelah selesai pembelajaran sekolah, biasanya para santri langsung mengikuti Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada sore hari. Dan dilanjutkan dengan kegiatan malam santri yaitu, belajar Al-Qur’an dan bahasa internasional.

Pendidikan bahasa internasional menjadi salah satu keunggulannya. Yaitu bahasa arab dan Inggris. Pendidikan dua bahasa ini dilakukan baik di dalam kelas ataupun di luar kelas dengan bimbingan dari ustadz.

“Disini kami sangat mengutamakan bahasa internasional sebagai bahasa sehari hari diluar bahasa indonesia, seperti bahasa arab dan bahasa inggris.” ujar Bihar ustad yang mengajar sekaligus bertinggal di Ponpes Darussalam tersebut.

Program unggulan lainnnya adalah ekstrakurikuler bela diri sebagai eskul wajib, hadrah, marawis qosidah, kaligrafi. Ekstrakurikuler olahraga cukup beragam seperti sepakbola, badminton, tenis meja, memanah, senam, dan beberapa ekstrakulikuler lainnya.

"Alhamdulillah para santri disini sangat berantusias sekali mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan sering juga kita mengikuti perlombaan alhamdulillahnya tidak jarang kita menang.” tutur Bihar selaku kesiswaan Pondok Pesantren Darussalam.

Pada setiap tahunya Pesantren Darussalam Koposari juga rutin mengadakan kegiatan "Pagelaran Seni Santri". Dimana semua para santri mempersembahkan serta mempertunjukan hasil karya seni yang telah mereka buat.

Pesantren ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti, mushola, gedung utama, gedung pertemuan, gedung asrama putra, asrama putri, dan asatidz terpisah, ruang kantor, kantin, ruang kelas, ruang perpustakaan, lapangan olahraga, dan aula untuk pengembangan potensi santri.

“Alhamdulillahnya disini kita juga lagi ada pembangunan untuk membangun UKS sebagai fasilitas kesehatan agar terfasilitasi dengan baik.” ucap Bihar.

Para santri sangat senang dan nyaman, karena lingkungan disekitar sangat menyatu dengan alam dan jauh dengan keramain, sehingga para santri bisa fokus belajar dan melakukan kegiatan islami dengan tenang dan tentram.

"Alhamduillah, sejauh ini sangat nyaman, karna difasilitasin dengan lengkap, dan ustad serta ustazahnya disini juga pada baik jadi makin betah tinggal dan belajar di pondok pesantren ini.” jelas Fadly selaku santri putra Pondok Pesantren Darussalam Koposari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image