Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alfira Fira

Didekat Bukit, Prestasi SMA Negeri 1 Pamijahan Sebukit

Sekolah | Tuesday, 14 Mar 2023, 20:30 WIB
Alat Musik Tradisional Angklung SMA Negeri 1 Pamijahan, Kabupaten Bogor

Pamijahan, Bogor (07/03/2023) - Terletak cukup jauh dari perkotaan membuat suasana terasa jauh lebih sejuk. SMA Negeri 1 Pamijahan yang terletak di Jl. Raya Gn. Salak Endah No.37, Gn. Sari, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor adalah salah satu sekolah negeri yang paling diminati di daerah tersebut. “Belajar dengan disuguhi pemandangan bukit adalah salah satu keuntungan sekolah disini. Sekolah ini masih baru, dibangun pada tahun 2006”. Kata wakasek kesiswaan SMA Negeri 1 Pamijahan Jajang Ridwansyah, Selasa (7/3/2023).

SMA Negeri 1 Pamijahan merupakan sekolah menengah atas yang akreditasinya sudah A yang berarti termasuk kedalam sekolah unggulan. Untuk bisa menjadi bagian dari SMA Negeri Pamijahan siswa-siswi dari sekolah menengah pertama atau madrasah dapat mendaftar melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) diberbagai jalur. Seperti akademik yang tergantung pada nilai. Prestasi yang memiliki syarat harus memiliki sertifikat lomba nasional atau internasional. Afirmasi yang dapat menggunakan kartu atau surat keterangan kurang mampu serta domisili yang dimana ini mengandalkan jalur jarak rumah.

Bahkan, banyak diantara siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke SMA Negeri 1 Pamijahan patah hati. Karena, tidak ada satu jalur-pun yang dapat mereka jadikan sebagai jalan untuk masuk ke SMA unggulan ini. Dengan kata lain mereka kurang beruntung dalam hal tersebut. “ Banyak yang kecewa dan sakit hati karena tidak bisa masuk ke sini”. Katanya. Pihak sekolah juga tidak bisa melakukan tindakan apapun. Dibatasinya kelas dan murid yang bisa mereka terima untuk bisa masuk ke SMA Negeri 1 Pamijahan menjadi salah satu alasan mereka. Namun, mereka percaya bahwa dimanapun kalian sekolah jika bersungguh-sungguh kalian akan mendapatkan apa yang kalian impikan.

Pertimbangan untuk menjadi salah satu bagian dari SMA Negeri 1 Pamijahan juga bisa diliat dari organisasi-organisasi sekolahnya. Dimana selain rganisasi internal seperti Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Organisasi seperti pramuka, paskibra, palang merah remaja, dan yang paling banyak diminati adalah pencak silat yang tidak sedikit mendapatkan juara baik antar sekolah maupun antar provinsi. “Selain silat. Pramuka, banyak siswa-siswi kita yang sudah garuda levelnya sudah tinggi dikepramukaan dan sering mengikuti jambore nasional bahkan tidak 1 atau 2 orang tapi puluhan, 30 orang bahkan lebih”. Lanjutnya

Pertimbangan lainnya mulai tahun pelajaran 2022-2023 SMA Negeri 1 Pamijahan sudah menggunakan kurikulum merdeka, dimana tidak ada lagi penjurusan seperti dikurikulum sebelumnya. Jadi, siswa-siswi dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat mereka di dunia perkuliahan nantinya. Dengan adanya kurikulum baru ini siswa-siswi tentunya tidak perlu khawatir lagi dalam memilih jurusan untuk melanjutkan pendidikannya jauh lebih tinggi.

Sebelum adanya kurikulum merdeka ini, jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang paling banyak peminatnya. Namun, tak perlu khawatir bagi peminat Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) karena di SMA Negeri 1 Pamijahan jurusan ini juga ada.”IPA jurusan yang paling banyak diminati, untuk kelas XI, ada 9 kelas IPA dan 4 kelas IPS. Dan dikelas X sekarang sudah menggunakan kurikulum merdeka dengan sistem peminatan jurusan”. Paparnya

“Sejak tahun pelajaran kemarin, kita sudah menjuarai Olimpiade Sains Nasional (OSN). Dan tahun sekarang untuk mata pelajaran kimia mendapatkan juara 3 perunggu. Kemudian yang astronomi, juara 2 perak ditingkat nasioanal. Sekarang sedang latihan untuk tingkat internasioanal mewakili Indonesia” Paparnya lagi.

Menjadi sekolah unggulan di Kecamatan Pamijahan, menjadikan SMA Negeri 1 Pamijahan sebagai wadah untuk melakukan acara-acara besar seperti pentas seni yang mengundangn beberapa sekolah untuk bisa hadir dalam acara tersebut. Selain pentas seni salah satu acara yang wajib diadakan tiap tahunnya adalah Fakulty Ekspo. Dengan menghadirkan alumni-alumni SMA Negeri 1 Pamijahan yang telah lulus dan mengemban Pendidikan diberbagai kampus-kampus negeri ternama di Indonesia. Acaranya kurang lebih seperti mengadakan forum bersama siswa-siswi serta menjadikan para alumni tersebut sebagai pemateri untuk mengadakan sharing session, untuk memotivasi para siswa-siswi SMA Negeri 1 Pamijahan agar tetap semangat belajar untuk menggapai universitas-universitas impian mereka dengan mengedepankan prestasi.

“Untirta sudah menjadi langganan kami, Unpad juga sudah banyak yang tembus kesana, dan untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terdekat yang siswa-siswi kami juga banyak tembus kesana yaitu IPB kebanyakan masuk di sekolah vokasinya. Sedangkan untuk swasta biasanya yang dekat-dekat saja dari sini yang jelas lebih dari 50% siswa-siswi kami melanjutkan kuliahnya keperguruan tinggi.” Lanjutnya

Walaupun berada jauh dari perkotaan tidak menjadikan SMA Negeri 1 Pamijahan ini sebagai sekolah yang tertinggal. Namun, menjadikan motivasi untuk mereka bisa berkarya dalam membangun sekolah mereka tersebut dengan segudang prestasi yang telah ditorehkan. Dan akan terus mencetak prestasi-prestasi yang membanggakan bagi sekolah bahkan bagi negara kita sendiri.

“Semoga kami dapat menjadikan prestasi-prestasi yang diraih tersebut sebagai batu pijakan untuk menjadikan SMA Negeri 1 Pamijahan ini sebagai sekolah yang lebih baik lagi dan mencetak bibit-bibit unggul yang dapat berguna bagi nusa dan bangsa nantinya”. Tutup Jajang Ridwansyah

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image