Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Foto UFO Spektakuler Tersimpan Lebih dari 30 Tahun, Siapakah Dua Sosok Misterius yang Memotretnya?

Sejarah | Tuesday, 14 Mar 2023, 19:16 WIB
Ilustrasi benda asing UFO yang dipotret 2 sosok pria misterius (Pixabay-junniferbaya340 -SSDarindo)

Foto UFO paling spektakuler terungkap setelah tersimpan lebih dari 30 tahun. Namun siapakah sosok 2 pria misterius yang memotretnya?

Foto tersebut diambil saat kedua pria misterius ini melihat objek berbentuk berlian yang tidak biasa di langit. Saat mereka bersembunyi di semak-semak untuk mengamati UFO, mereka mendengar jet RAF mendekat.

Dikutip dari Science Alert.com, benda logam besar di langit diperkirakan oleh mereka memiliki panjang sekitar 100 kaki dan melayang di langit selama sekitar 10 menit dan mengeluarkan dengungan rendah.

Saat jet tempur mendekati UFO, objek tersebut terbang lurus ke langit dan hilang dari pandangan. Namun, sebelum itu terjadi, kedua orang tersebut mengambil beberapa foto dari apa yang telah mereka saksikan.

Foto-foto ini kemudian diserahkan ke surat kabar Daily Record Skotlandia yang kemudian menyerahkannya ke Kementerian Pertahanan (MoD) Inggris. Mereka tidak pernah dipublikasikan dan Kementerian Pertahanan tidak pernah memublikasinnya ke publik.

Selama lebih dari 30 tahun, foto ini, serta lima lainnya, dianggap hilang. Sekarang ternyata pensiunan petugas pers RAF Craig Lindsay (83 tahun), telah melanggar protokol dan menyimpan salinan "Foto Calvin" - masih dalam amplop asli dari Catatan Harian, karena dia terlibat sebagai penghubung antara surat kabar dan Kementerian Pertahanan pada tahun 1990.

Dr. David Clarke, mantan kurator untuk proyek file UFO MoD di The National Archives, belum lama ini menungkapkannya.

"Saya lama menunggu ada seseorang untuk menghubungi tentang ini selama lebih dari 30 tahun," kata Lindsay tentang foto itu.

"Calvine Photograph" telah disebut sebagai gambar UFO paling spektakuler yang pernah ditangkap. Menulis untuk Daily Mail tentang penemuan itu, Clarke mengatakan "Foto Calvin" dijelaskan oleh salah satu orang dalam MoD "sebagai gambar UFO paling spektakuler yang pernah ditangkap kamera, dan Cawan Suci dalam hal bukti kuat bahwa benda-benda ini benar-benar ada."

Ini adalah gambaran yang berusaha disembunyikan oleh Kementerian Pertahanan dan Arsip Nasional. Sementara informasi biasanya akan dirilis setelah 30 tahun, Kementerian belum merilis foto aslinya dan menginginkan nama para saksi disegel selama 54 tahun lagi – hingga 2076 – karena 'masalah privasi'.

Andrew Robinson, dosen fotografi senior di Universitas Sheffield Hallam, yang memeriksa foto tersebut, mengatakan kepada Clarke.

“Simpulan saya adalah bahwa objek tersebut pasti ada di depan kamera, bukan palsu yang diproduksi pada pascaproduksi. Penempatannya di dalam pemandangan tampaknya kira-kira berada di tengah-tengah antara pagar latar depan dan pesawat di latar belakang.”

Lindsay menjelaskan, “Sebagai petugas pers Skotlandia, saya menangani banyak laporan UFO tetapi sebagian besar hanya berupa cahaya di langit. Jelas yang satu ini berbeda.”

Meski foto tersebut akhirnya terungkap, namun identitas kedua pria yang ada di sana hari itu dan mengambil foto tersebut hingga kini masih menjadi misteri.

“Saya berharap kedua saksi mata tersebut akan tampil dan menceritakan kisah versi mereka akan potret UFI ini,” kata Lindsay. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image