Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Shavira Azzahra

Kebun Anggrek Bu Uli, Mulai Dari Hobi hingga Menjadi Bisnis

Bisnis | Tuesday, 14 Mar 2023, 18:48 WIB
Kebun Anggrek Bu Uli. Image/Shavira Azzahra

Siapa yang tidak tahu tanaman anggrek? Bagi pecinta tanaman hias pasti tidak asing lagi dengan tanaman anggrek. Tanaman yang memiliki lebih dari 20 jenis ini banyak diminati oleh berbagai kalangan, karena keindahannya yang beragam mulai dari bentuk hingga warna yang memanjakan mata, dapat digunakan untuk mempercantik ruangan maupun halaman. Tanaman anggrek juga merupakan jenis bunga yang memiliki masa hidup cukup lama bahkan bisa mencapai 15 tahun! Bunganya yang sudah mekarpun, dapat dinikmati keindahannya sampai empat bulan atau lebih hingga layu kembali, sehingga ini menjadi salah satu alasan mengapa bunga anggrek banyak diminati pecinta tanaman hias.

Tidak terkecuali Ibu Uli selaku pemilik Kebun Anggrek Bu Uli, tempat budi daya anggrek yang berada di Perumahan Kemang Indah Regency, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Keindahan bunga anggrek memikat Bu Uli, hal tersebut yang mendasari beliau untuk budi daya bunga anggrek. “Untuk merawat bunga anggrek itu gampang-gampang susah. Kita harus rajin memberinya pupuk dan vitamin agar terawat hingga nantinya dapat mekar dengan bagus.” Ujar Bu Uli terkait bagaimana membudidayakan bunga anggrek. Pada awalnya, Bu Uli hanya merawat bunga anggrek untuk menghias halaman rumah, namun ternyata bunga anggrek tersebut bermekaran dengan cantik dan membuat Bu Uli ingin merawat lebih banyak lagi. Kini sudah semakin banyak jenis bunga anggrek yang dirawat oleh Bu Uli di kebun anggreknya sejak tahun 2019. Mulai dari anggrek Bulan, Vanda, Dendro, anggrek yang tumbuhnya di media gantung, maupun di dalam pot bunga.

Bunga-bunga tersebut juga dijadikan sebagai peluang bisnis untuk Ibu Uli karena banyaknya peminat. Pengunjung Kebun Anggrek Bu Uli mulai dari Jabodetabek hingga Papua. Hal ini tentunya dapat dijadikan inspirasi bagi pecinta tanaman hias, mulai dari hobi hingga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan membudidayakannya sendiri. Kisaran harga bunga anggrek mulai dari Rp50.000 hingga Rp3.000.000, dengan banyaknya peminat tentunya ini dapat menjadi ide bisnis yang menjanjikan, apalagi bila sejalan dengan hobi merawat tanaman. Ibu Uli berkata bahwa untuk membudidayakan bunga anggrek membutuhkan kesabaran karena butuh berbulan-bulan untuk melihat bunga tersebut mekar. Tetapi menurut Bu Uli, waktu yang dibutuhkan sepadan dengan hasil yang diberikan.

Jika ingin mencoba untuk merawat bunga anggrek, dapat dimulai dari mengadopsi anggrek yang sudah bermekaran dan merawatnya hingga musim mekar selanjutnya. Walaupun mempunyai masa hidup yang cukup lama, kita juga perlu merawatnya dengan baik dan telaten, cara perawatan yang diberikan untuk tiap jenis anggrek kurang lebih sama, yaitu bunga anggrek tidak bisa terkena matahari langsung, karena kebanyakan bunga anggrek memerlukan tempat yang teduh untuk hidup. Jangan lupa untuk memberikan air, pupuk, dan vitamin pada bunga, agar dapat tumbuh dengan baik.

Penulis : Shavira Azzahra

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image