Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MICHELLE RACHELINE SHARERA

Perbaikan Pipa Transmisi Air Bersih Terhambat Akibat Cuaca Ekstrim di Kota Bogor

Info Terkini | Monday, 13 Mar 2023, 07:39 WIB
sumber: @perumdatirtapakuan

Bogor – Setelah tahun 2018 diperbaiki kini kembali terjadi kebocoran Pipa Transmisi air bersih HDPE 16” jalur Tangkil di dekat jembatan Cikereteg Kandang Hayam Rancamaya kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor yang berakibat kepada terhambatnya aktivitas masyarakat di Kelurahan Bogor Selatan dan Bogor Timur.

Petugas Perumda Tirta Pakuan fokus kepada bantuan penyaluran air bersih dengan menggunakan mobil tangki di beberapa wilayah zona 1 yaitu Perum Teras Hijau, Kp. Babadak Tajur, Sindangrasa, Perum Rancamaya Balcony, dan Gg. Babadak yang terkena dampak kebocoran Pipa Air Bersih tersebut.

Diakibatkan cuaca ekstrim beberapa pekan terakhir berupa hujan lebat dan petir berdampak pada kekeruhan Sungai Cikereteg yang menjadi sumber air baku IPA Rancamaya.

Ketika kekeruhan tinggi IPA Rancamaya tidak bisa memproduksi air bersih secara maksimal dan akibat dari kejadian tersebut, penyaluran air bersih di zona 1 menjadi terhambat dan semakin membuat warga resah dikarenakan kurangnya penyaluran air bersih.

PDAM Bogor terus berusaha untuk mengatasi gangguan dengan menjalankan program-program yang telah mereka susun. Diantaranya menambah koagulan di IPA Rancamaya ketika kekeruhan air baku meningkat. Kedua, interkoneksi pipa dari zona 2 ke zona 1, dan mengaktifkan IPA Unitex, serta ketersediaan armada tangki.

Tidak jarang warga disana yang mengeluh ke Petugas Call Center 24 Jam PDAM dan Sosial Media Instagram @perumtirtapakuan karena kebocoran yang telah terjadi 2 kali ini “Mau berapa hari lagi mati air kayak gini? Tolong kalau mau info ke masyarakat yang jelas berapa lama kita harus menunggu. Sekarang solusi perbantuan air tiap hari saya selalu minta dianter tapi gapernah ada tuh. Solusinya PDAM Bogor harus berbenah pikirin kenapa ya tiap bulan air mati terus. Jangan cuma pembantuan air saja.” Tutur Fidya salah satu warga yang terkena dampak kebocoran tersebut.

PDAM Tirta Pakuan telah melaksanakan perbaikan pada hari Sabtu tanggal 4 Maret 2023 pukul 22.00 s.d 04.30 dan masih berjalan hingga sekarang. Akibat dari pekerjaan perbaikan Pipa Air bersih sejumlah wilayah akan terkena dampak kurangnya air bersih, yang meliputi Rancamaya, Genteng, Kartamaya, Tajur, Sindangsari, Sindangrasa, dan beberapa daerah Kel Bogor Selatan dan Timur.

PDAM menyampaikan permohonan maaf atas gangguan pelayanan akibat kendala teknis ini dan berjanji akan segera menyelesaikan perbaikan Pipa Air secepatnya.

PDAM Bogor juga mengharapkan dukungan dari semua pihak termasuk para pelanggan untuk menampung air melalui bak-bak penampungan atau toren di rumah agar gangguan kurangnya ketersediaan air bersih bisa sedikit teratasi.

Bagi pelanggan yang membutuhkan air bersih melalui tangki silahkan hubungi Call Center 24 Jam PDAM TIRTA PAKUAN KOTA BOGOR di nomor (0251) 8324111 dan WA 0811112123.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image