Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image vanessa rolintina

Kinerja Pendidikan di SMA Negeri 1 Rancabungur

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 12 Mar 2023, 14:26 WIB
Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jumat (3/3/2023)

Bogor, Kecamatan Rancabungur- Pendidikan merupakan langkah atau proses pembelajaran untuk mencapai pengetahuan yang lebih tinggi mengenai ilmu tertentu. Maka dari itu, tentunya mutu pendidikan harus dimulai dari satuan pendidikan yaitu, sekolah. Sekolah mempunyai tugas utama memberikanan layanan pendidikan yang bermutu untuk masyarakat. Pendidikan yang ada di sekolah kecamatan Rancabungur sebelumnya belum berkembang seperti saat ini.

Salah satu sekolah yang terdapat di kecamatan Rancabungur, khususnya SMAN 1 Rancabungur saat ini mulai berkembang dari segi standar Pendidikan. Setelah melakukan liputan pada 3 Maret 2023 mengenai kinerja Pendidikan dari SMAN 1 Rancabungur, Tata Muhammad Syaid selaku Kepala Sekolah mengatakan bahwa “SMAN 1 Rancabungur merupakan sekolah yang terpilih sebagai salah satu sekolah penggerak yang mana hanya 7 sekolah di Kabupaten Bogor”.

Saat ini, SMAN 1 Rancabungur menerapkan kurikulum merdeka yang mana setiap siswa bebas memilih mata pelajaran yang diinginkan sesuai dengan minat, namun bagi siswa kelas 12 saat ini mereka masih menggunakan kurikulum 2013 yang mana masih tergolong jurusan IPA dan IPS.

Secara umum sarana dan prasarana di SMAN 1 Rancabungur, sudah memenuhi standar kegiatan belajar mengajar tetapi terdapat sedikit kekurangan. Hal tersebut dibuktikan dengan belumnya memiliki ruangan laboratorium biologi. Yang aman ruang laboratorium biologi saat ini sudah dijadikan sebagai ruangan kelas. Karena sejak adanya jalur zonasi, peminat yang ingin masuk ke SMAN 1 Rancabungur meningkat sangat dratis dan hampir setengah dari penduduk di Kecamatan Rancabungur memilih SMAN 1 Rancabungur untuk menjadi sekolah yang ingin dituju. Namun sekolah ini menginginkan agar kedepannya dapat meningkatkan sarana dan prasarana.

Tentunya setiap sekolah mempunyai faktor hambatan seperti motivasi anak untuk belajar dan orang tua murid yang kurang support, sehingga sekolah memberikan solusi dengan berkomunikasi dengan orang tua murid. SMAN 1 Rancabungur juga mempunyai program sekolah yaitu ‘Bimbingan Siswa Rentan Putus Sekolah’, yang mana program tersebut membantu siswa dalam segi perekonomian dengan memberikan uang saku kepada siswa tersebut.

“ Untuk saat ini kita ingin memacu siswa yang sesuai visi misi sekolah, rapot Pendidikan, dan merancanakan program tahunan untuk meningkatkan kinerja Pendidikan di sekolah ini ” Ujar Tata Muhammad Syaid selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Rancabungur.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image