Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Siwi Rindu

Wisata Sejarah, Prasasti Batutulis Bogor

Wisata | Saturday, 11 Mar 2023, 22:33 WIB

Bogor dikenal dengan Kota Hujan yang juga dikenal dengan tempat wisatanya yang beragam. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, hingga wisata bersejarah pun ada di kota indah Ini. Hampir di seluruh kecamatan yang ada di Bogor memiliki destinasi wisatanya sendiri. Salah satunya yaitu kecamatan Bogor Selatan yang memiliki banyak sekali destinasi wisata. Adang Mulyadi, salah satu staf di Kantor Kecamatan Bogor Selatan menyebutkan beberapa tempat wisata yang ada di Kecamatan Bogor Selatan. "Kalau di Bogor Selatan sendiri ada lumayan banyak ya neng. Salah satunya ada Agro Eduwisata Organik Mulyaharja dan Batutulis." Ujar Adang Mulyadi (28/3). Dari banyaknya wisata yang berada di Bogor Selatan sebagaimana yang sudah Bapak Adang Mulyadi sebutkan, ada satu wisata yang menarik perhatian yaitu wisata Batutulis. Saya tertarik dengan prasasi Batutulis ini karena saya bisa melihat langsung bukti sejarah yang selama ini hanya saya bacar dari buku sejarah secara nyata.

Wisata Sejarah Batu Tulis Bogor merupakan tempat wisata sejarah di Bogor,kota di Jawa Barat, Indonesia. Tempat ini terkenal dengan prasasti kuno yang dipahatpada batu besar yang diyakini berasal dari abad ke-5 Masehi. Batu setinggi sekitar 3 meter dan lebar 2 meter itu terletak di Desa Batutulis, Kecamatan Sukaraja, Bogor. Prasasti batu ditulis dalam bahasa Sunda kuno Kawi (Pallawa) serta dalam bahasa Sanskerta, yang banyak digunakan di India pada abad ke-5 Masehi. Tepat di depan batu bertulisan besar itu terdapat sebuah batu yang jauh lebih kecil yang berada di bawah batu prasasti. Batu tersebut memiliki tapak kaki seukuran telapak kaki orang dewasa yang konon adalah milik Raja Surawisesa yang merupakan raja kedua kerajaan Pakuan Pajajaran pada saat penulisan. Tujuan utama dibuatnya prasasti tersebut adalah untuk merayakan keagunga ayah dari raja Surawisesa, Sri Baduga Maharaja atau sering disebut Prabu Siliwangi. Pada masanya, aksara Batutulis digunakan dalam upacara Agama.

Situs ini telah menjadi tujuan populer bagi wisatawan dan penggemar sejarah.Pengunjung dapat belajartentang batu dan ukirannya, serta belajar tentang sejarah dan budaya daerah tersebut. Menurutceritapengelola situs ini, Ibu Maemunah, situs ini sering dikunjungi wisatawan,terutamaanak sekolah. “Neng yang datangbanyak, biasanya anak sekolah. Sampai 50 orang bisadatangdalamwaktubersamaan,”kata Ibu Maemunah (28/3). Tidak hanya mahasiswayang datang ke tulisanini,tetapijuga banyak turislain yang datang berkunjung. Selain nilai sejarahnya, Wisata Sejarah Batu Tulis Bogor juga dikenal dengan keindahan alamnya. Daerah ini dikelilingi oleh vegetasiyang subur dan menawarkan pemandangan perbukitan dan lembah sekitarnya yang menakjubkan. Secara keseluruhan, Wisata Sejarah Batutulis Bogor merupakanwisata yang menarik dan unik yang menawarkan pengunjung wawasantentang kekayaan sejarah dan budaya Indonesia. Apakah Anda penggemar sejarah atau hanya mencari tempat yang indah dan damai, situs ini pasti patut dikunjungi.

Wisata sejarah Batutulis ini sangat mudah diakses karena berada tepat di pinggir jalan utama dan berseberangandengan Istana Batutulis di Bogor. Prasasti Batutulis Bogor merupakantempatbersejarah yang sangat menarik di Indonesia. Situs ini memiliki banyak nilai sejarah dan budaya yang patut ditelusuri. Salah satu alasan mengapa Anda harus mengunjungi Prasasti Batutulis adalah untuk mempelajari sejarah Indonesia. Prasasti ini merupakan salah satu situs sejarahterpenting yang membantu kita lebih memahami masa lalu Indonesia. Tulisan ini berisi tulisan-tulisan kuno yang menceritakan tentang kehidupan manusiadi masa lampau.Jadi jika ingin mengetahui sejarah Indonesiadan menikmati keindahan alam, Prasasti Batutulis Bogor adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image