Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Ilmuwan Menduga Alien sedang Komunikasi Lewat Technosignatures, Sebab Ada Sinyal Misterius

Teknologi | Saturday, 11 Mar 2023, 20:14 WIB
Ilustrasi radio teleskop ruang angkasa (Pixabay-SGU82_Coffe_please_THX - SS Darindo)

Algoritma machine learning-operated baru saja mendeteksi 8 sinyal radio yang berasal dari 5 bintang yang berjarak 30 hingga 90 tahun cahaya. Gerangan, ini pertanda ada kehidupan di luar angkasakah?

Mengutip dari laman popularmechanics.com, para ilmuwan menyatakan mungkin Alien berkomunikasi menggunakan technosignatures. Para ilmuwan di balik Algoritme dari University of Toronto, mengatakan bahwa mereka telah merampingkan pencarian kehidupan di luar bumi dengan menggunakan Algoritma baru untuk mengatur data dari teleskop mereka.

Dengan menggunakan machine learning, Algoritma menghilangkan interferensi buatan manusia untuk memungkinkan para ilmuwan berfokus pada sinyal nyata dari luar angkasa. Lalu, menemukan pola dalam informasi tersebut yang dapat menunjukkan bahwa sinyal tersebut berasal dari sinyal yang dihasilkan secara teknologi.

"Kami perlu membedakan sinyal radio yang menarik di luar angkasa dari sinyal radio yang tidak menarik dari Bumi," tulis Peter Ma, mahasiswa Toronto, lewat rilis pada Nature Astronomy.

Tentu saja, meskipun sinyal muncul seperti yang diharapkan para ilmuwan dari sinyal luar angkasa, mereka mengatakan mereka belum yakin bahwa alien ada di belakang mereka. Akan tetapi, mereka berharap untuk melihat sinyal yang sama lagi untuk meningkatkan kemungkinan bahwa ini memiliki makna tambahan.

Para ilmuwan tidak menyerah dan berharap untuk memfokuskan Algoritma baru pada rangkaian teleskop radio yang lebih besar.

“Dengan bantuan kecerdasan buatan (AI), saya optimis, kita akan dapat mengukur dengan lebih baik kemungkinan kehadiran makhluk luar angkasa. Sinyal dari peradaban lain, ” ungkap Cherry Ng, rekan peneliti lain di Institut Astronomi dan Astrofisika Toronto. ***

Sumber: popularmechanics.com

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image