Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salsabila Faidah Paramita Wardani

Aksi Berangkat Sekolah Pagi Buta di NTT

Info Terkini | Thursday, 09 Mar 2023, 09:36 WIB

Sekolah merupakan lembaga untuk siswa mendapatkan pengajaran di bawah pengawasan guru. Pada umumnya sekolah di Indonesia masuk pada pukul 07.00 waktu setempat, lain halnya dengan di NTT.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, mengeluarkan wacana bahwa anak SMA dan sederajat agar jam masuk sekolah dimajukan menjadi pukul 05.00 WITA. Hal ini menimbulkan kontroversi, sebab pukul 05.00 WITA dianggap terlalu pagi.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230302090946-22-919714/foto-berangkat-sekolah-kala-pagi-buta-di-ntt/2

Alasan aturan ini dilakukan agar anak muda terbiasa bangun lebih pagi dan berangkat disaat jalanan kota masih sepi dari aktivitas masyarakat. Sementara aktivitas masyarakat di NTT baru akan mulai selepas pukul 06.00 WITA. Selain itu sarana transportasi umum pun belum beroperasi pada jam tersebut. Lampu-lampu jalan yang sangat minim di jalan protokol ataupun gang-gang pemukiman warga yang tergolong tidak dilengkapi fasilitas penerangan jalan yang disediakan oleh pemerintah. Sehingga anak-anak yang tidak memiliki kendaraan pribadi harus rela berjalan kaki menerobos kegelapan demi mematuhi kebijakan gubernur.

Kebijakan gubernur viktor soal sekolah di pagi buta telah menyulut gelombang protes dari publik. Banyak orang tua yang tidak setuju dengan kebijakan ini. Dengan argumen yang beragam, mulai dari faktor keamanan anak, transportasi yang sulit didapatkan pagi hari, kesiapan orang tua di rumah dalam menyediakan sarapan, dan berbagai pertimbangan kesehatan anak.

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Heru Purnomo mendesak agar kebijakan yang disepajati pemprov NTT dibatalkan karena berpotensi membahayakan tumbuh kembang anak.

Kebijakan masuk sekolah yang dapat berdampak pada tumbuh kembang, kesehatan dan kemampuan belajar, hingga berkurangnya waktu istirahat dan tidur anak. Apabila seorang anak tidak memliki waktu tidur yang cukup maka akan menganggu kesehatan tubuh dan juga pertumbuhan otak yang dapat terpengaruh.

Ketua Dewan Pakar FSGI, Retno merujuk pada studi Journal Academic Pediatrics menyatakan mood anak yang tidak stabil, mudah marah, sulit berkonsentrasi ketika melakukan sesuatu dan mengalami penurunan kemampuan belajar jika kurang tidur.

Lantas, pukul berapa idealnya anak masuk sekolah?

Psikolog pendidikan, Rizza Utami Purbasari mengatakan jam masuk pagi untuk anak sekolah idealnya ada di pukul 08.00 hingga 09.00 waktu setempat. semestinya, pihak sekolah bukan hanya memperhatikan jam masuk, melainkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk anak berangkat dan mempersiapkan diri ke sekolah.

misal jika anak masuk jam setengah delapan, anak tidak akan terburu-buru dalam mempersiapkan diri, jam mandi yang normal, dan dapat dipastikan jam tidur anak yang cukup.

kurangnya tidur anak dapat membuat tingkat konsentrasi anak terganggu sehingga menyebabkan nilai akademik siswa menurun. anak juga sulit memahami pelajaran karena mengantuk.

tidak hanya itu kondisi siswa jika berangkat sekolah terlalu pagi, dapat menyebabkan siswa tidak sempat sarapan karena terburu-buru. hal ini juga dapat mengganggu kesehatan siswa.

kinerja otak akan berfungsi secara optimal jika kondisi seluruh tubuh berada dalam keadaan fit dan bahagia. jika hal itu tidak terjadi, maka kinerja otak tidak dapat berfungsi secara optimal sehingga mengakibatkan penurunan kualitas pada anak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image