Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Generasi Digital yang Mudah Menguasai Teknologi Kekinian

Teknologi | Wednesday, 08 Mar 2023, 07:21 WIB
Siswa sedang mendesain kemasan produk (Dokumentasi pribadi )

Benar-benar keren anak zaman now kalau masalah teknologi. Jadi ceritanya, siswa SMA Terpadu Al Qudwah akan melakukan kegiatan gelar karya proyek penguatan profil pelajar Pancasila atau P5 Ada tiga tema yang akan memamerkan hasil karya siswa yaitu tema gaya hidup berkelanjutan, kewirausahaan, dan kearifan lokal.

P5 merupakan salah satu program unggulan yang ada dalam kurikulum merdeka. Kurikulum ini diusung oleh menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi Nadiem Anwar Makarim.

Rencananya gelar karya akan digelar pada 15 sampai 16 Maret 2023. Mereka akan memamerkan hasil karya di stand yang disediakan.

Saat ini siswa SMA Terpadu Al-Qudwah sedang menyiapkan label. Label ini nanti bentuknya adalah stiker. Ditempel pada kemasan-kemasan yang akan disiapkan.

Label dibuat oleh mereka sendiri dengan menggunakan Canva pendidikan. Canva merupakan aplikasi desain grafis yang cukup mudah karena menyediakan template-template dan file-file yang sangat dibutuhkan untuk desain grafis. Ada juga font yang disediakan secara gratis.

Untuk keperluan pendidikan baiknya menggunakan Canva pendidikan yang juga lengkap, mirip Canva Pro.

Anak-anak sudah terlihat mahir menggunakan Canva.

"Jangan lupa setting ukurannya langsung di canva. Jadi misalnya kalian akan membuat stiker dalam cm, ubah ukuran desain kalian di canva dalam bentuk cm juga," kata saya kepada anak-anak.

Inilah kerennya anak-anak digital zaman now. Mereka pembelajar yang cepat terutama yang berkaitan dengan digital. Bahkan beberapa siswa punya kemampuan digital editing video yang sangat pintar dibanding gurunya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image