Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Sedekah Sampah, Solusi Kurangi Sampah Anorganik

Eduaksi | Monday, 06 Mar 2023, 11:41 WIB
KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan sedekah sampah di Desa Kadirojo, Palbapang, Bantul (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 101 Unit VI.D.3 melakukan kegiatan sedekah sampah di Desa Kadirojo, Palbapang, Bantul, pada Minggu, 19 Februari 2023. Dalam pelaksanaannya, tim KKN UAD berkolaborasi bersama Pemuda Desa Kadirojo.

Program sedekah sampah adalah pengelolaan sampah yang dikumpulkan dari rumah warga, masjid, hingga sekolah sebagai media sedekah. Kerja sama antara tim KKN UAD dengan Pemuda Kadirojo meliputi proses pengambilan sampah dari rumah-rumah warga, pemilahan, pengangkutan, sampai dengan proses penjualan sampah yang sudah dipilah. Jenis sampah yang laku terjual berupa botol plastik dan kaca, aluminium, seng, besi, kardus, serta kertas.

Landi, Ketua Unit VI.D.3, mengungkapkan bahwa alasan pemilihan program sedekah sampah adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah-sampah bernilai ekonomis. “Oleh karena itu, kami ajak dan dampingi mereka dalam program ini. Hasilnya, lingkungan jadi bersih dan penjualan dari sedekah sampah tersebut bisa digunakan sebagai tambahan kas desa,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rizal Dwi Mustaqim, Ketua Pemuda Kadirojo Selatan, bahwa program sedekah sampah merupakan kegiatan yang sangat positif sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. “Selain itu, sampah-sampah tersebut juga bisa ditukar dengan uang yang bisa digunakan untuk mendukung pembangunan desa,” terang Rizal.

Melalui kegiatan tersebut, tim KKN UAD berharap masyarakat Kadirojo dapat makin sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan. Seluruh elemen masyarakat juga diharapkan selalu kompak dalam bekerja sama demi pembangunan Kadirojo menjadi lebih baik. (tsa)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image