Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

KKN UAD dan Warga Kelola Sampah Organik untuk Bantul Bersih Sampah 2025

Eduaksi | Monday, 06 Mar 2023, 11:19 WIB

 

KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan pelatihan pengelolaan sampah organik dengan ember tumpuk untuk warga Padukuhan Sirat, Sidomulyo, Bantul (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang tergabung dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Periode 101 Unit IV.B.3 menyelenggarakan sosialisasi pengelolaan sampah organik dengan ember tumpuk kepada warga Padukuhan Sirat, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul (23-2-2023). Bertempat di pendopo dukuh setempat, kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul.

Penyelenggaraan sosialisasi ini bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan sampah yang banyak dihasilkan oleh warga. Pengelolaan sampah organik menggunakan metode ember tumpuk dinilai efektif untuk menjawab tantangan tersebut karena peralatannya sederhana dan mudah didapatkan. Warga Dukuh Sirat, terutama para ibu rumah tangga, sangat antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan.

Surya Harum, perwakilan dari DLH Kabupaten Bantul, menyampaikan bahwa metode ember tumpuk merupakan salah satu alternatif bagus karena mudah dilakukan oleh masyarakat dengan mekanismenya yang sederhana. “Sampah organik yang diolah dalam ember tumpuk nantinya akan mengalami pengomposan dan penguraian oleh magot. Kemudian, akan diperoleh lindi yang dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman,” terangnya.

Erlang Bagus Yuniasnyah selaku ketua unit, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sampah yang ada di lingkungan sekitar. “Ini menjadi awal yang baik untuk mengurangi permasalahan yang disebabkan oleh sampah,” paparnya. Selain itu, metode ember tumpuk juga dapat turut serta mendukung pertanian masyarakat melalui pupuk organik cair yang dihasilkan akan bermanfaat sebagai perangsang akar tanaman.

Sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul yaitu Bantul Bersih Sampah 2025 (Bantul Bersama), kegiatan ini menjadi salah satu bentuk dukungan untuk menyukseskan program tersebut. Harapannya, warga dapat mempraktikkan metode yang diajarkan secara berkesinambungan sehingga sampah organik bisa benar-benar berkurang. (tsa)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image