Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Maria Tanjung Sari

Sukseskan Branding Perusahaan dengan Konten Media Sosial Menggunakan Internet Cepat

Gaya Hidup | Monday, 06 Mar 2023, 06:32 WIB
Credit Picture: Canva

Sekitar dua tahun lalu, pimpinan di kantor mengadakan meeting untuk membahas mengenai trend pemasaran yang sudah berubah total semenjak pandemi terjadi. Kalau dulu pemasaran dilakukan door to door, maka hal tersebut sudah tidak berlaku lagi untuk saat ini di era digitalisasi. Saya akui bahwa dulu sering sekali memakai cara konvensional dalam melakukan teknik marketing untuk memperkenalkan jasa yang kami jual, yaitu jasa pengendalian hama. Saya sering datang ke beberapa perusahaan dengan membawa proposal dalam rangka menawarkan jasa pengendalian hama.

Namun nyatanya, cara konvensional yaitu dengan mendatangi calon klien secara door to door sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan oleh banyak perusahaan. Dalam beberapa proyek, Saya pribadi pun merasakan bahwa teknik konvensional ini ternyata kurang membawa hasil yang signifikan dalam meningkatkan omzet perusahaan. Meskipun tetap diperlukan, namun teknik marketing secara door to door harus dilengkapi teknik baru yang akan melengkapi tugas divisi marketing dalam meningkatkan omzet perusahaan.

Sampai akhirnya pimpinan perusahaan menginstruksikan kepada seluruh staff marketing di kantor untuk menyempurnakan teknik marketing di kantor dengan memasukkan konsep teknik marketing yang mengedepankan konsep digitalisasi. Artinya, para marketer akan lebih banyak berada di dalam kantor untuk lebih memikirkan konsep apa yang unik dalam upaya menarik pelanggan sebanyak mungkin agar menggunakan jasa pengendalian hama dari kantor kami.

Untuk mendukung para karyawan, khususnya divisi marketing dalam melaksanakan pekerjaan dengan sebaik mungkin, maka pimpinan saya mempersiapkan hal-hal berikut:

1. Menggunakan internet cepat dari provider yang sudah berpengalaman puluhan tahun dalam menyediakan jaringan internet stabil.

Internet cepat dan stabil tentunya menjadi kunci utama ketika kita sedang bekerja di dunia digital dan berhubungan dengan pekerjaan. Bayangkan ketika konten sudah siap tayang dan harus publish di beberapa media sosial sekaligus, sementara sedang ada gangguan di jaringan internet kantor, tentunya akan menghambat pekerjaan kita.

2. Mengikutsertakan para marketing dalam pelatihan yang berhubungan dengan digital marketing.

Menjadi marketing sekaligus konten creator mungkin yang saat ini sedang saya lakukan. Walaupun masih taraf konten creator skala kecil, namun ternyata memikirkan konsep konten yang akan kita unggah di media sosial itu membutuhkan pemikiran yang cukup serius. Bahkan typo atau kesalahan penulisan satu huruf pun dalam membuat sebuah konten, akan menimbulkan arti yang berbeda dalam dunia jasa pengendalian hama.

3. Menyediakan budget untuk beriklan di media sosial

Mengganti teknik marketing dalam suatu perusahaan tentu saja mengubah anggaran operasional untuk tim pemasaran. Biar bagaimanapun juga, anggaran pemasaran merupakan salah satu biaya operasional yang penting dalam sebuah perusahaan. Dengan menambah teknik pemasaran secara digital, maka tentu akan ada anggaran untuk melakukan promosi di beberapa media sosial yang dimiliki sebuah perusahaan.

Walaupun saat ini di kantor saya sedang digalakkan teknik pemasaran secara digital, namun tetap saja interaksi dengan manusia harus dilakukan. Saya pun tetap mengunjungi calon klien yang sudah bertanya melalui kanal media sosial kantor. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan lebih detail terhadap jasa pengendalian hama yang selama ini telah kami tangani.

Kemampuan Pemasaran Digital Masa Kini

Semenjak di kantor menerapkan promosi di media sosial sebagai teknik marketing digital, maka tentu saja hal ini merupakan peluang yang bagus dalam melakukan rebranding, setelah selama ini menjalankan teknik marketing door to door yang mungkin hasilnya kurang memuaskan. Pemasaran digital tentu harus disertai juga kemampuan dalam:

1. Membuat konten yang berkualitas.

Saya ingin memberi contoh bahwa dalam jasa pengendalian hama, kami sebagai tim marketing sekaligus konten kreator harus tahu saat ini sedang musim apa. Hal ini dikarenakan musim kemarau ataupun penghujan mempengaruhi datangnya hama yang lebih dominan di pemukiman. Pengetahuan seperti inilah yang dapat dijadikan konten untuk kemudian diunggah ke media sosial sebagai bentuk promosi.

2. Membidik target market yang sesuai dengan kebutuhan jasa pengendalian hama

Seperti halnya melemparkan anak panah, tentu diharapkan bisa tepat sasaran. Sama halnya ketika membuat konten marketing di media sosial, tentu berharap bisa tepat sasaran agar banyak pelanggan yang datang dan menggunakan jasa kita.

Aktivitas Digital di Kantor Makin Lancar Dengan Internet Cepat IndiHome

Bersyukur sekali pimpinan di kantor sangat memahami kebutuhan para karyawan, terlebih menyangkut kinerja karyawan yang akan membawa pada kemajuan perusahaan yang dikelolanya. Bahkan ketika beliau melakukan meeting dengan para karyawan untuk membuat strategi baru dalam pemasaran di kantor, pimpinan tetap mengutamakan kenyamanan karyawan dalam berkreasi khususnya beraktivitas digital di kantor.

Tentu saja kenyamanan dalam beraktivitas digital adalah kestabilan jaringan internet yang dipasang di kantor. Sejak awal berdirinya perusahaan tempat saya bekerja, pimpinan sudah mempercayakan jaringan internet cepat dari Telkom Indonesia. Jadi kalau dihitung-hitung, selama 15 tahun kami sudah membersamai koneksi internet cepat bersama Telkom Indonesia. Bahkan ketika kantor saya hendak direnovasi sekalipun kami tetap menggunakan internet cepat dari IndiHome dan mengajukan pindah nomor telepon sementara agar para pelanggan tetap dapat terhubung dengan kantor tempat saya bekerja.

Beberapa manfaat yang saya rasakan ketika melakukan aktivitas digital sebagai marketing di kantor dengan menggunakan paket internet cepat dari IndiHome, antara lain:

1. Koneksi internet lebih cepat dan stabil, sehingga meminimalkan keterlambatan dalam proses unggah konten promosi di media sosial kantor.

2. Akses internet tanpa batas

Tentu saja ketika memutuskan untuk berlangganan paket internet cepat dari IndiHome, kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Untuk kantor seperti di tempat saya, dengan jumlah karyawan tidak banyak, berlangganan IndiHome merupakan solusi agar pekerjaan dapat terorganisir dengan baik. Setiap divisi dapat saling menyelesaikan pekerjaan mereka dengan menggunakan sistem data yang terintegrasi dengan internet.

3. Respon yang cepat dari Customer Service.

Selama 15 tahun kantor berlangganan paket internet cepat IndiHome, hampir tidak pernah ada masalah yang berarti. Kalaupun ada, itu hanya proses pemindahan telepon dan jaringan internet sementara waktu ke kantor baru. Ketika saya mengurus kepindahan sementara pun, Customer Service IndiHome sangat responsif dan tak lama teknisi sudah didatangkan untuk mengurus proses pemindahan.

Penutup

Kita hidup di dunia yang dinamis dan selalu berkembang tanpa bisa dikejar. Kitalah yang harus dapat mengejar dan menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia, baik itu dari segi informasi maupun teknologi. Begitu juga dengan teknik marketing atau pemasaran dimana saat ini pemasaran digital berkembang dengan pesat, dan diterapkan oleh banyak perusahaan, tidak hanya di Indonesia melainkan juga di dunia.

Oleh sebab itu, jika Anda seorang pemilik usaha atau bisnis, apabila ingin melakukan branding agar bisnis dapat diterima dengan baik di masyarakat, serta mendapatkan omzet berlipat, maka harus menyesuaikan teknik marketing dengan perkembangan zaman. Salah satunya adalah dengan melakukan digital marketing yang diharapkan dapat mem-branding usaha Anda agar lebih dikenal di masyarakat.

Melakukan aktivitas digital seperti digital marketing tentu memerlukan jaringan internet cepat agar seluruh media promosi dapat diisi dengan konten yang telah dibuat. IndiHome sebagai provider penyedia jaringan internet yang telah terbukti kualitasnya, memberikan kemudahan bagi divisi marketing seperti saya untuk mengunggah seluruh konten promosi dan branding perusahaan dengan tepat waktu, sehingga bisa dilihat oleh masyarakat luas. Harapannya tentu saja agar masyarakat tertarik dengan konten yang kami buat lalu berminat menggunakan jasa perusahaan tempat saya bekerja.

Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image