Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hamdan Yusron

Bondowoso Banjir

Info Terkini | Sunday, 05 Mar 2023, 17:56 WIB
Banjir di Pancoran. Dok.Pri.

Jumat lalu 17 Februari 2023 kecamatan Bondowoso khususnya wilayah Pancoran dan sekitarnya diterjang banjir. Hari ini Ahad 5 Maret 2023 sekitar pukul 16.00 WIB diterjang banjir lagi. Akibatnya beberapa ruas jalan terutama jalan provinsi mengalami kemacetan total. Selain itu fasilitas umum dan infrastruktur mengalami kerusakan serta kegiatan perekonomian menjadi terganggu. Tetapi, Alhamdulillah bantuan segera datang. Beberapa relawan langsung datang ke lokasi terdampak dan memberikan bantuan ke korban terdampak. Lalu bagaimanakah seorang muslim menghadapi bencana banjir tersebut?

Seorang muslim semestinya tidak hanya memandang banjir sebagai bencana tetapi juga peringatan atau teguran kasih sayang-Nya atas kekhilafan-kekhilafannya. Dengan kata lain musibah banjir yang menimpanya adalah takdir-Nya sehingga ia rida menerimanya. Dan juga tanda peringatan atau teguran dari-Nya sehingga ia introspeksi misalnya pernahkah perilakunya merusak lingkungan? Jika pernah maka ia pun bertaubat dengan banyak berberistighfar dan berusaha menjalani hidup ini dengan bekal iman, takwa, dan tawakal kepada-Nya .

Hal-hal yang mendasari seorang muslim perlu membekali dirinya dengan iman, taqwa dan tawakal kepada-Nya adalah:

1. Al-Qur'an surat 65 ayat 2-3 yang isinya,

a. Orang yang bertaqwa akan dibukakan jalan dan rezeki yang tidak disangka -sangka.

b. Orang yang bertawakal akan diberi rezeki yang tidak putus-putus.

2. Al-Qur'an surat 2 ayat 153-157 yang isinya,

a. Allah pasti memberikan cobaan pada setiap manusia.

b. Ketika tertimpa musibah atau bencana hendaknya orang Islam mengucapkan kalimat istirja' "Innalillahi wa inna ilaihi raji'un" sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami akan kembali.

c. Menghadapi setiap permasalahan hidup termasuk di dalamnya masalah kematian orang yang dicintai dengan menjadikan sabar dan salat sebagai penolong.

3. Al-Qur'an surat 2 ayat 1-5 yang isinya,

a. Al-Qur'an adalah petunjuk yang tidak meragukan lagi bagi orang beriman dan bertakwa.

b. Orang beriman rangkaian peri lakunya minimal ada tiga yaitu salat, mengaji dan bersedekah.

4. Al-Qur'an surat 8 ayat 2-4 yang isinya adalah orang yang betul-betul beriman memiliki ciri-ciri sebagai berikut,

a. Salat wajib tepat waktu.

b. Mengaji dengan orang lain.

c. Istiqamah bersedekah.

5. Al-Qur'an surat 22 ayat 53-54 yang isinya adalah cobaan Allah berikan kepada orang-orang yang berhati kasar dan kotor agar mereka kembali kepada Alquran, menjadikan Al-Qur'an sebagai petunjuk hidupnya.

Dari uraian tersebut dapat dikatakan bahwa agar seorang muslim itu rida terhadap takdir-Nya maka ia perlu introspeksi dan melakukan hal berikut ini: (1) Memperbaiki keimanannya dengan selalu meluruskan niat untuk meraih rida-Nya semata setiap melakukan kebajikan. (2) Bertaubat dan banyak istighfar setidaknya 100 kali sehari. Karena, Nabi shalallahu alaihi wasallam beristighfar 100 kali sehari.(3) Istiqamah mengerjakan salat wajib tepat waktu (4) Menjadikan sabar dan salat sebagai penolong. Ketika relawan terlambat memberikan bantuan maka ia berusaha bersabar. (5) Rutin mengikuti pengajian yang memperkokoh iman.

(6) Istiqamah mengerjakan amalan- amalan sunah seperti salat sunah (dhuha dan tahajud), tilawah, puasa Senin Kamis dan dzikrullah seperti dzikir pagi petang serta selawat.

(6) Menjaga kebersihan lingkungan termasuk selokan dan sungai. (7) Tidak kenal lelah berdoa memohon pertolongan-Nya.

Bondowoso. 5/03/2023

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image