Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SUGENG

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang jadi Pelajaran Penting!

Eduaksi | Saturday, 04 Mar 2023, 10:46 WIB
Ilustrasi. (Foto: SG)

MUSIBAH kebakaran Depo Pertamina Plumpang Semper, di Jakarta Utara menjadi pelajaran penting terkait pilih lokasi hunian.

Musibah ini mengingatkan akan pentingnya memilih lokasi rumah yang benar-benar terhindar dari risiko bahaya dampak lingkungan.

Apalagi, lokasi rumah selain berpengaruh pada kenyamanan hunian juga terkait nilai jual sebagai investasi properti.

Lalu pelajaran apa saja yang bisa di petik dari kejadian kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang menelan korban jiwa dan materi tersebut? Yuk simak ulasannya sebagai berikut;

1. Hindari Rawan Bencana

Pasca musibah kebakaran Depo Pertamina Plumpang, menjadi salah satu pelajaran yang bisa dipetik terlebih bagi yang sedang mencari hunian baru.

Langkah ini sangat penting, untuk menghindari berbagai rawan bencana.

Ada banyak risiko bencana yang harus dihadapi, mulai dari rawan kebakaran, banjir, tanah longsor, erupsi, dan masih banyak lagi.

Di wilayah perkotaan, bencana banjir dan kebakaran yang paling kerap menyambangi wilayah pemukiman.

Nah, oleh sebab itu harus jeli dalam memilih lokasi rumah. Cara cerdas memilih lokasi rumah strategis di perkotaan bebas bencana yakni berkonsep ramah lingkungan.

Hal ini menitik beratkan pada bencana banjir khususnya. Dengan konsep tersebut, otomatis kawasan perumahan memiliki sistem resapan air yang baik.

Oleh sebab itu, rumah yang berlokasi di perumahan ramah lingkungan aman dari bencana banjir.

Namun apabila ingin memastikan dengan lebih detail, maka bisa mengecek kondisi tanahnya, sistem drainase, pengelolaan sampah, dan juga jarak antar setiap rumah.

2. Fasilitas Umum

Selanjutnya yang harus dipastikan yaitu lokasi rumah yang akan dibeli dekat dengan sejumlah fasilitas umum.

Fasilitas itu misalnya dekat dengan sarana kesehatan (rumah sakit, puskesmas, bidan, apotek), fasilitas pendidikan, taman bermain, supermarket ataupun minimarket.

Rumah yang lokasinya dekat dengan berbagai fasilitas umum, selain memudahkan dalam beraktivitas serta memenuhi kebutuhan, juga potensial untuk investasi.

Mayoritas calon pembeli rumah akan lebih tertarik pada rumah yang dekat dengan fasilitas umum.

Jadi tidak akan kesulitan untuk menyewakan ataupun menjualnya.

Harga jual ataupun harga sewanya juga pasti lebih tinggi dibandingkan dengan rumah yang jauh dari fasilitas umum.

Kemudahan yang ditawarkan, akan berdampak pada nilai jual maupun harga sewa rumah tersebut.

3. Akses ke Lokasi

Sebuah rumah, jauh lebih baik apabila akses keluar masuknya mudah. Hal ini sering terlupakan ketika mengejar harga hunian yang murah.

Banyak perumahan yang menawarkan desain modern dan fasilitas internal yang menggiurkan, sayangnya akses ke lokasi cukup sulit.

Mulai dari jalan berlumpur, aspal tidak rata, atau tidak dilalui kendaraan umum sama sekali.

Semakin mudah aksesnya, baik untuk kendaraan pribadi maupun umum, tentu akan lebih memudahkan.

Jika ingin keuntungan yang bersifat jangka panjang, rumah dekat pintu tol akan sangat memudahkan mobilitas.

4. Kawasan Pusat Bisnis

Pada dasarnya, memilih lokasi rumah memang cukup susah. Apalagi, di wilayah perkotaan atau daerah penyangga dengan mobilitas tinggi.

Salah satu poin yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lokasi rumah yakni berada cukup dekat dengan kawasan pusat bisnis.

Langkah ini akan sangat menunjang kebutuhan sebagai masyarakat urban dengan mobilitas serta fleksibilitas tinggi.

Pusat bisnis pada umumnya dekat dengan fasilitas umum terbaik dan mudah diakses, juga berdampak sangat menguntungkan jika rumah berada di sana termasuk dalam lokasi strategis.

Kendati harus membeli dengan harga mahal rumah di kawasan itu, tetap bisa menjadi investasi yang bernilai tinggi untuk jangka panjang.

5. Ketersediaan Listrik, Air dan Internet

Poin terakhir yang tidak kalah penting yaitu tentang ketersediaan listrik, air dan internet.

Dalam memilih lokasi rumah, biasanya terlalu fokus pada harga murah sehingga banyak yang mengabaikan tiga hal yang justru amat penting.

Sementara di era digitalisasi hampir seluruh aktivitas memerlukan listrik dan internet. Begitu juga dengan kebutuhan air. Apalagi, faktor ini menjadi kebutuhan pokok bagi kehidupan.

Jadi, pastikan lokasi rumah terjangkau oleh jaringan internet, serta ketersediaan listrik maupun ketersediaan air bersih.

Perumahan dengan harga terjangkau, tidak memiliki ketersediaan air yang baik untuk sumur bor, tetapi terjangkau oleh PDAM sehingga masih bisa dimaklumi.

Meskipun begitu, koneksi jaringan internet juga tidak kalah penting dan tak boleh terlewatkan.

Terlebih, ketersediaan internet yang lancar akan mencegah kesulitan berkomunikasi ataupun beraktivitas melalui jaringan internet.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image