Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Muhammadiyah Bandung

UM Bandung Terus Tingkatkan Kontribusi Kepada Masyarakat Melalui Penelitian dan Pengabdian

Eduaksi | Friday, 03 Mar 2023, 21:15 WIB
Suasana pelantikan Kepala LPPM dan Sekretaris LPM Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) (Dokumentasi Promosi dan PMB UM Bandung)

Bandung -- Rektor UM Bandung Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSi IPU melantik Dr Ir Arief Yunan MSi IPU menjadi Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Tak hanya itu, mantan rektor IPB itu pun melantik Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UM Bandung Fatmawati SIP MAP. Tak seperti biasa, pelantikan pejabat di lingkungan UM Bandung tersebut berlangsung di lobi utama kampus, Jumat 3 Maret 2023.

Dalam sambutannya, Herry mengatakan kampus UM Bandung harus mampu meningkatkan visi kampus untuk kemajuan universitas. "Kita harus mempercepat laju UM Bandung dan memperkuat kebersamaan untuk kepentingan publik,” ungkapnya.

Atas dasar itu, Herry meminta LPPM UM Bandung berkontribusi bagi masyarakat luas, terutama di bidang penelitian dan pengabdian. “Buatlah penelitian yang kreatif dan produktif guna meningkatkan kualitas publikasi penelitian dengan memperhatikan kearifan lokal,” pesan pria berkaca mata itu.

Selain itu, Herry pun berpesan kepada sekretaris LPM untuk membantu kepala LPM dalam membangun sistem manajemen mutu dan penjaminan mutu. “Ini semua untuk mengawal persiapan akreditasi perguruan tinggi maupun program studi yang sedang berjalan,” terang Herry.

Meneruskan program terdahulu

Kepala LPPM yang baru, Arief Yunan, menegaskan akan melanjutkan program LPPM yang selama ini berjalan baik. “LPPM sudah punya standar dan acuan, jadi saya tinggal meneruskan program yang dijalankan pendahulu,” ucap Arief.

Adapun program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sambung Arief, adalah terkait Kuliah Kerja Nyata (KKN). “Minggu depan ada rapat mengenai panduan dan standar mengenai kegiatan KKN untuk sivitas UM Bandung,” kata dosen Teknik Industri UM Bandung ini.

Agar program LPPM berjalan lancar, Arief meminta pihak terkait untuk membantu segala kebutuhan, baik sumber daya manusia maupun sumber daya keuangan. “LPPM itu jantungnya universitas. Jadi, saya minta bantuan dari pimpinan maupun kepala lembaga yang ada di UM Bandung supaya merawatnya agar sehat dan tujuan tercapai,” tutur Arief.

Arief berterima kasih atas jabatan barunya sebagai kepala LPPM UM Bandung karena ia memiliki peran penting dalam pengembangan kampus. “Predikat kampus ditentukan oleh LPPM. Karena itu semoga amanah ini bisa saya jalankan dengan baik,” tutup Arief.***(FK/MPAF/CH)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image