Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Ember Tumpuk dan Losida, Solusi Atasi Sampah Organik

Eduaksi | Thursday, 02 Mar 2023, 16:00 WIB
KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan warga Ngemplak Kalibawang dalam pelatihan pembuatan alat pengolah sampah organik (Foto: Istimewa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 101 Unit XVII.C.1 melakukan edukasi terkait pemilahan dan pengolahan sampah kepada masyarakat Padukuhan Ngemplak, Banjarharjo, Kalibawang, Kulon Progo (19-2-2023). Bertempat di rumah Kepala Dukuh Ngemplak, Tukijan, kegiatan tersebut dihadiri oleh ibu-ibu PKK padukuhan setempat.

Berdasarkan penuturan Tukijan, selama ini warga Ngemplak masih kurang memahami cara pemilahan sampah sesuai jenisnya. Mereka juga tidak memiliki pengetahuan terkait pengolahan sampah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat. Menanggapi hal tersebut, tim KKN UAD sepakat untuk menginisiasi kegiatan edukasi ini. Warga diajak untuk mengolah sampah sisa dapur menjadi pupuk organik dengan metode ember tumpuk dan Losida (lodong sisa dapur). Metode ini dipilih karena alat, bahan, dan cara pengaplikasiannya sangat mudah dan sederhana.

Sebelum praktik pembuatan secara langsung, warga terlebih dahulu diajak untuk menonton video tutorial. Kemudian, mereka mengikuti demonstrasi tersebut dengan dibimbing oleh tim KKN UAD. Pada kesempatan itu, tim mahasiswa juga melakukan penyerahan alat-alat pengolahan sampah secara simbolis kepada Ketua PKK. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama antara tim KKN UAD dan ibu-ibu PKK.

Sambutan positif diberikan oleh warga yang mengikuti kegiatan edukasi ini. Siti Khadijah, Ketua PKK Ngemplak, menuturkan bahwa kegiatan ini sangat positif sebagai salah satu upaya menjaga kebersihan lingkungan. Hal serupa juga disampaikan oleh Muhammad Nauval Fauzi Khatullah selaku ketua unit. “Semoga apa yang telah disampaikan teman-teman KKN dapat bermanfaat ke depannya, terutama dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya. (tsa)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image