Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rivira Yuana

Wujudkan Agregasi Konten Nusantara dengan RRI Play Go

Info Terkini | Thursday, 02 Mar 2023, 15:28 WIB
Platform RRI Play Go

Komisi I DPR RI melalui salah satu anggotanya yakni Farah Putri Nahlia memberikan perhatiaan besar dan mendorong Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) terus melakukan modernisasi program maupun konten siaran. Menurutnya Konten RRI yang utama harus mencerdaskan bangsa, tetapi juga cara mengemasnya harus lebih kreatif dan lebih unik, sehingga orang-orang, khususnya generasi muda mau mendengarkan (siarannya).

"Misalnya melalui podcast. Podcast saat ini kekinian, apalagi yang berseri, jadi kita mau dengar lagi dan lagi. Nah, tinggal bagaimana menarik perhatian generasi muda, contohnya podcast dibawakan oleh stand-up comedian atau mungkin figur-figur populer yang memang lagi digemari," ujar Farah.

Keniscayaan digitalisasi untuk RRI yang menurut survei Nielsen memiliki 7 juta pendengar setia. Harapan Komisi I DPR, khususnya harapan rakyat Indonesia diatas kini mulai diwujudkan melalui platform RRI Play Go.

Mewujudkan agregasi konten Nusantara khususnya konten siniar atau podcaster yang berbasis lokalitas kini semakin efektif dengan adanya platform. Hal itu juga searah dengan haraapan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek Hilmar Farid yang menyatakan bahwa semakin banyak orang membaca dan mendengarkan karya sastra, semakin banyak juga orang yang menemukan nilai-nilai kehidupan dan pengaruh sastra bagi kehidupan.

Sastra menempati posisi penting dalam pemajuan budaya dan pembentukan karakter bangsa.Karya sastra pada hakikatnya tercipta dari situasi dan pergulatan diri. Pengalaman, pengamatan, serta pemaknaan situasi dan latar belakang sejarah dalam karya sastra merupakan bentuk penguatan karakter. Wahana siniar dalam bentuk sandiwara sastra antara lain cerita pendek (cerpen) karya sastraswan ternama seperti Dee Lestari; Ayu Utami; serta karya sastrawan yang sedang berusaha untuk menjadi tenar sangat tepat dimasukkan dalam platform RRI Play Go.

Ada dua aspek penting yang terkait dengan alih wahana konten kebudayaan dan seni. Yakni bagaimana meneguhkan industri budaya dan melaksanakan tatakelola indigenous sebaik-baiknya.Industri budaya atau industri kreatif menurut teori Marshallian industrial districts yang digagas oleh Alfred Marshall membutuhkan proses clustering yang sistemik. Dalam transformasi digigtal proses tersebut bisa berupa wahana konten agregasi yang berbasis lokalitas,

Indigenous yang merupakan ilmu pengetahuan dan kearifan lokal juga harus terkelola secara baik dengan teknologi digital seperti RRI Play Go. Platform digital dan konten kreator ibarat dua pasang kaki kuda yang saling memacu ke arah tujuan. Diversifikasi konten harusnya memunculkan konten-konten edukatif, kreatif, dan variatif. Hal itu sangat bermanfaat bagi kelompok masyarakat yang memiliki keterbatasan akses tontonan atau hiburan.

Direktur Utama RRI I. Hendrasmo dalam acara peluncuran platform RRI Play Go - Dok RRI

Pemerintah daerah perlu bersinergi dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI yang telah membangun platform RRI Play Go Versi Terbaru yang diluncurkan pada 31/1/2023. Menurut Dirut RRI, I. Hendrasmo bahwa hadirnya aplikasi RRI Play Go versi terbaru ini untuk menjawab tantangan atas kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat. Menurutnya versi terbaru ini memiliki tambahan fitur baru sebagai pengembangan dengan tampilan yang lebih menarik sehingga masyarakat dapat menikmati siaran RRI kapanpun dan dimanapun khususnya bagi kalangan milenial. Dalam versi terbaru ini masyarakat dapat menyaksikan program acara favorit yang disiarkan secara langsung (live), telah tersedia 188 channel radio live streaming, tersedia 500 ribu lebih koleksi lagu-lagu, update berita terkini, siniar/podcast dan menyusun playlist sesuai yang diinginkan dan terhubungan dengan TV Parlemen serta RRI Net.

Perlu Lomba Konten Podcast

Podcast adalah serangkaian file audio digital kata yang diucapkan secara episodik yang dapat diunduh pengguna ke perangkat pribadi agar mudah didengarkan. Aplikasi streaming dan layanan podcasting menyediakan cara yang nyaman dan terintegrasi untuk mengelola antrian konsumsi pribadi di banyak sumber podcast dan perangkat pemutaran.

Podcast juga bisa membantu membangun merek dan kepercayaan di antara konsumen. Dengan banyaknya orang yang mendengarkan, mereka menawarkan peluang besar untuk percakapan yang terkait dengan industri tertentu; dan, dalam konteks ini, mereka membangun kredibilitas di podcaster. Konten podcast cukup beragam. Kini para politisi dan pengamat politik mulai menjadi podcaster memproduksi konten sendiri.

Pemerintah perlu mendorong podcaster dan praktisi radio untuk mempromosikan keanekaragaman seni dan budaya lokal dengan cara memproduksi berbagai konten yang berkualitas sebanyak-banyaknya. Konten ini meliputi beragam info lokal dan pertunjukan seni dan budaya, aneka cerita dan dongeng, sandiwara radio, informasi wisata dan kuliner, dan berbagai kreatifitas dari seluruh pelosok Nusantara.

Para podcaster dan praktisi radio juga didorong untuk memproduksi konten yang menimbulkan gelora optimisme bangsa dan menjunjung jurnalisme positif (good news). Serta memiliki kepedulian terhadap lingkungan (environment preservation), penghormatan atas keanekaragaman seni dan budaya lokal yang menjunjung tinggi nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika.

Promosi Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

Konten yang ada di RRI Play Go diharapkan menjadi agregasi yang juga berperan dalam hal aksesibilitas pada musik yang telah memunculkan perluasan dan diversifikasi yang besar pada konsumsi musik.

Aksesibilitas sangat tergantung pada inovasi platform digital. RRI Play Go adalah agregasi konten model keIndonesiaan.Dengan kekuatan jaringan dan kantor cabang yang ada di suluruh Indonesia, di masa mendatang RRI sangat berpotensi menjadi raja konten mengalahkan platform media milik swasta yang eksis pada saat ini.

Apalagi Indonesia memiliki potensi pariwisata dan industri kreatif yang cukup besar di hampir semua bidang. Seperti produk kerajinan, destinasi wisata, kuliner, budaya, dan lingkungan hidup. Di sisi lain, podcast dan radio merupakan media yang memiliki kemampuan untuk memahami, menggali, dan menginformasikan berbagai potensi ini di tingkat lokal. Melalui inovasi dan kreativitas konten, memungkinkan potensi lokal hingga pedesaan tergarap dengan baik melalui RRI Play Go.

Perlu sinergi antara LPP RRI dan pemerintah daerah membuat konten agregasi industri kreatif lokal dan destinasi wisata daerah yang dikeloa oleh podcaste lokal yang tahu persis keseharian tentang destinasi wisata itu. Media lokal yang tepat dalam arti populasinya tersebar di seluruh pelosok negeri adalah para podcaster dan para praktisi radio. Apalagi eksistensi platform mempermudah siapapun bisa menjadi podcaster. Tak pelak lagi teknologi podcasting juga bisa digunakan sebagai pengganti pramuwisata yang andal. Studio siaran kini sudah bisa dikatakan dalam genggaman tangan, tinggal bagaimana memproduksi konten siaran.

*) Oleh : Rivira Yuana, Doktor Business Management Universitas IPB, CEO & Co Founder SVARA Innovation.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image