Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Santuso

Kemeriahan Isra Mikraj di Khoiru Ummah Jember

Agama | Monday, 27 Feb 2023, 19:19 WIB
Kemeriahan Isra Mikraj di Khoiru Ummah Jember

Dalam rangka menyambut Isra Mikraj 1444 H, PKBM STP Khoiru Ummah Jember mengadakan berbagai lomba pada Selasa (21/2/2023). Ada empat cabang lomba yang diselenggarakan yaitu lomba tartil, adzan, mewarnai, dan berkisah.

Peringatakan Isra Mikraj kali ini mengambil tema “SholatKU, Hidup dan MatiKU hanya untukMu Ya Rabb”. Ketua panitia acara, Intifada Birul Umaroh mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk menguatkan kecintaan para siswa kepada Al-Qur'an serta menumbuhkan ketaatan kepada Allah SWT. “Melalui rangkaian kegiatan yang telah kami susun, harapannya ananda memahami bagaimana kemahabesaran Allah dalam memperjalankan utusan tercintaNya, Muhammad Saw. hingga memberikan hadiah sholat 5 waktu kepada umatnya,” tutur dia.

Kegiatan awal yaitu pada pukul 07.00-08.45, para siswa mengikuti tahfizh Al-Qur’an harian seperti biasanya di kelas masing-masing. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan lomba. Keempat cabang lomba tersebut memiliki ketentuan masing-masing. Lomba mewarnai wajib diikuti oleh siswa-siswi kelas 1-2, lomba berkisah diikuti oleh siswi kelas 3-6, lomba tartil dan adzan diikuti oleh siswa kelas 3-6. Adapun jumlah siswa yang mengikuti lomba yaitu lomba mewarnai diikuti oleh 51 anak, lomba berkisah diikuti oleh 23 anak, lomba tartil diikuti oleh 10 anak, sedangkan lomba adzan diikuti oleh 26 anak.

Setelah waktu lomba selesai, para juri melakukan penilaian. Kemudian, kegiatan dilanjut dengan sholat dhuhur berjamaah dan makan siang. Setelah itu, para siswa diminta untuk mempersiapkan diri mengikuti acara inti peringatan Isra Mikraj. “Dalam acara inti, dibuka dengan tahfizh oleh siswi kelas 2B dan penampilan nasyid oleh siswi kelas 3A,” terang Intifada.

Pemateri pada acara inti yaitu Ustadz Eko Heri Santoso. Kegiatan tersebut diisi dengan permainan konsentrasi yang sangat seru dan dilanjutkan dengan anak-anak menyimak kisah inspiraif perjalanan Nabi Muhammad Saw saat melakukan Isra Mikraj.

Sebelum kegiatan inti ditutup oleh Ustadz Eko, beliau mengumumkan para juara lomba sekaligus penyerahan hadiah kepada mereka. Nama-nama siswa yang terpilih sebagai juara terbaik yaitu sebagai berikut. Lomba berkisah dimenangkan oleh Raissa Putri Elysia dari kelas 4B dan Aisyah Filza Rabbani dari kelas 5B. Lomba mewarnai dimenangkan oleh Faqih Maulana Ramadhan dari kelas 1A dan Syafeea Embun Nur Bazla dari kelas 2B. Lomba adzan dimenangkan oleh Maher Rofik Salmin dari kelas 5A. Sementara lomba tartil dimenangkan oleh Haris Muhammad Rizaldi dari kelas 5A. [sts]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image