Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nur salamah

Pengajian Wisuda Tahfidz MAN 3 Bantul Lejitkan Semangat Siswa Raih Prestasi

Eduaksi | Monday, 27 Feb 2023, 15:07 WIB

Bantul (MAN 3 Bantul) – Program Tahfidz merupakan program unggulan MAN 3 Bantul. Program tahfidz merupakan program mandatori dari Kementerian Agama yang bertujuan untuk memberikan bimbingan dan membekali siswa dalam menghafal Al Quran. Target dalam program tahfidz siswa dapat menghafal juz 2 dan juz 30. Dalam menyukseskan program ini, Tahfidz dimasukkan dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Kegiatan intrakurikuler dilaksanakan dengan memasukkan mata pelajaran Tahfidz dalam kurikulum sejak mulai kelas X hingga XII. Adapun kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan di pondok pesantren mitra.

Strategi MAN 3 Bantul dalam pelaksanaan Program Tahfidz membuahkan hasil yang membanggakan. Pada tahun pelajaran 2022/2023 sejumlah 104 siswa telah menyelesaikan hafalan juz 2 bahkan dapat melampaui target tersebut hingga dapat menyelesaikan khatam 30 juz.

Sebagai apresiasi atas capaian siswa, MAN 3 Bantul melaksanakan Wisuda Tahfidz untuk siswa-siswi kelas XII. Selain sebagai sarana apresiasi, dalam rangkaian acara Wisuda Tahfidz digelar pengajian guna memberikan motivasi kepada siswa. Hadir sebagai narasumber dalam Pengajian Wisuda Tahfidz, yaitu Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I., Rois Syuriah PC NU Gunung Kidul.

Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I., Rois Syuriah PC NU Gunung Kidul memberikan motivasi kepada siswa untuk semangat dalam belajar.

“Selamat untuk anak-anak yang hari ini mengikuti Wisuda Tahfidz. Al-Quran akan membimbing kita di dunia dan akhirat. Semoga prestasi anak-anak menjadi pemacu dan pemicu madrasah dan sekolah yang lain. Anak-anak semua saat ini dalam proses belajar untuk meraih cita-cita dan prestasi. Demi cita-cita hindarkan cinta, namun demi cinta kejarlah cita-cita. Semangat dalam menimba ilmu karena keutamaan dalam menimba ilmu itu sangat luar biasa,” tandasnya.

Lebih lanjut Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I. menyampaikan keutamaan orang yang menimba ilmu dan adab penuntut ilmu.

“Dalam Kitab Nubabun Hadist diungkapkan pentingnya menimba ilmu. Duduknya orang dalam menimba ilmu lebih utama dari memerdekakan seribu budak. Ketika memandang wajah orang alim itu lebih utama dari sedekah 1000 kuda di jalan Allah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghormati para guru,” papar K.H. Bardan Usman.

Para siswa menyimak mauidhah hasanah dengan antusias. Penyampaian yang berisi dengan selingan humor ala Generasi Gen Z membuat suasana hidup. Pengajian Wisuda Tahfidz ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I.,

Usai mengikuti pengajian, salah satu siswa merasa tersentuh dengan isi pengajian. Nadia Afisa Amni mengungkapkan dirinya semakin termotivasi dalam belajar dan dapat memahami bagaimana adab dalam menuntut ilmu, khususnya adab terhadap guru.

“Alhamdulillah setelah menyimak pengajian dari Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I. saya semakin termotivasi dalam belajar. Pesan-pesan beliau akan saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari, khususnya dalam proses saya belajar,” ungkap Nadia, gadis yang duduk di XI Keagamaan 2. (sal)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image