Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UNISA Yogyakarta

Dosen UNISA Yogyakarta Gelar PKM Aplikasi Aquaponik

Edukasi | Monday, 27 Feb 2023, 14:31 WIB

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Panti Asuhan Aisyiyah Yogyakarta, Tim Dosen Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogyakarta) melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat.

PKM tersebut dilaksanakan di Panti Asuhan Aisyiyah Kota Yogyakarta, Sabtu (25/2/2023). Acara diawali dengan panyampaian materi oleh ketua tim pengabdian yaitu Rigel Nurul Fathah.

Acara dibagi menjadi empat tahap. Acara pertama, peserta diberikan pelatihan apliaksi pembuatan aquaponik sayuran dan ikan sebagai bentuk mewujudkan ketahanan pangan. Pelatihan dilakukan oleh tim pengabdian dan dikoordinasi oleh Ika Afifah Nugraheni, S.P., M. Biotech selaku dosen Program Studi Bioteknologi (Gambar 1). Pengabdian ini merupakan pengembangan penelitian dan pengabdian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya yaitu penerapan aquaponik menggunakan Budikdamber (Budidaya ikan dan tanaman sayuran dalam ember).

Tahap kedua yaitu edukasi nilai gizi konsumsi ikan dan sayur melalui pelatihan gizi olahan ikan dan sayur yang dikoordinasi oleh Dittasari Putriana, S.Gz., M.Gz (Gambar 2). Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode Pendidikan Orang Dewasa (POD) dengan model komunikasi dua arah dan demonstrasi yang dilaksanakan dalam bentuk klasikal. Peserta diberikan pengetahuan tentang cara mengolah ikan yang mempunyai nilai gizi tinggi dan memiliki nilai jual.

Tahap ketiga yaitu Pelatihan Kewirausahaan bagi warga panti asuhan Aisyiyah. Perlunya keberlangsungan keberhasilan penerapan aquaponik tidak terlepas peran dari warga Panti Asuhan Aisyiyah dan monitoring dan evaluasi dari tim pengabdian. Pelatihan kewiarausahaan dilakukan oleh tim pengabdian dan dikoordinasi oleh Rigel Nurul Fathah, SE., M.Ak., Akt., CA selaku dosen akuntansi. Penelitian dan pengabdian yang bertema kewirausahaan sudah sering dilakukan oleh beliau. Aplikasi aquaponik diharapkan menghasilkan luaran berupa hasil panen tanaman dan ikan yang berguna untuk ketahanan pangan dan mengembangkan semangat kewirausahaan warga panti asuhan. Jangka waktu panen tanaman dan ikan yang relatif singkat akan menjadi sumber pendapatan dan membuka lapangan kerja bagi warga panti asuhan. Peserta diberikan pelatihan perhitungan BEP dan pembukuan sederhana.

Tahap keempat yaitu Pelatihan branding dan marketing online. Pelatihan ini dikoordinasi oleh Teti Anggita Safitri, SE., M Sc selaku dosen manajemen. Dengan diadakannya pelatihan branding, mitra dibimbing untuk membuat brand produk Digital marketing bisa dilakukan dengan melakukan kolaborasi dengan marketplace penjualan toko sayur online yang bisa dipesan melalui handphone.

Acara berlangsung lancar dan para peserta antusias selama melaksanakan kegiatan (Gambar 3). Pengelola panti asuhan Aisyiyah Ibu Widya menyampaikan terima kasuh karena pengetahuan dan keterampilan tentang Aquaponik, Edukasi Gizi, Kewirausahaan dan Branding tersebut benarbenar dibutuhkan oleh para warga panti asuhan Aisyiyah Puti Yogyakarta.

“Kegiatan ini adalah merupakan sebuah ikhtiar nyata untuk mewujudkan ketahanan pangan dan kemandirian warga panti asuhan Aisyiyah”, tutur Ibu Widya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image