Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nur salamah

Cetak Generasi Qurani, MAN 3 Bantul Gelar Wisuda Tahfidz

Eduaksi | Monday, 27 Feb 2023, 13:16 WIB

Bantul (MAN 3 Bantul) – MAN 3 Bantul melaksanakan kegiatan Wisuda Tahfidz Tahun Pelajaran 2022/2023 di Gedung HDWR, Sabtu (25/02). Wisuda Tahfidz merupakan rangkaian program tahfidz Al Quran di MAN 3 Bantul yang menjadi salah satu program unggulan. Program Tahfidz masuk ke dalam mata pelajaran intrakurikuler dengan alokasi 2 jam pelajaran setiap minggunya. Program tersebut dibimbing ustadz ustadzah MAN 3 Bantul yang juga merupakan pengasuh dari pondok pesantren di sekitar madrasah. Program yang wajib diikuti seluruh siswa kelas XII tersebut merupakan program mandatori dari Kementerian Agama yang bertujuan untuk memberikan bimbingan dan membekali siswa dalam menghafal Al Quran.

Menurut koordinator keagamaan, Dra. Rusnani, target hafalan bagi siswa kelas XII adalah hafal juz 30 dan juz 2, termasuk beberapa surat pilihan diantaranya Al Waqi’ah, Al Mulk, Ar Rahman, Yaasiin.

“Program tahfidz ini telah 5 tahun dimasukkan menjadi mapel intrakurikuler dan pada tahun ini, sebanyak 104 siswa mampu mencapai target yang diharapkan dan berkesempatan mengikuti wisuda. Bahkan ada 11 siswa yang melampaui 10 juz dan 2 siswa hafidz 30 juz, yakni Nilna Zulfa Azizah (XII MIPA 2) dan Abdullah Azzam Al Qowiy.

Sementara itu kepala madrasah, Syamsul Huda dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas tercapainya target yang dicanangkan “Kami tindak lanjuti mandatori Kemenag untuk memberikan pendampingan dan pembinaan dalam menghafal Al Quran, alhamdulillah berkat kegigihan dan semangat seluruh civitas, kami bisa menghantarkan 104 hafidz-hafidzah yang siap diwisuda hari ini. Baarakallaah Ananda semua. Semangat dalam menghafal Al Quran. Semoga capaian ini akan menambah motivasi adik-adik kelas untuk semakin semangat dalam mempelajari Al Quran,” ujar Huda.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) D.I.Yogyakarta, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag., Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kasi Dikmad Kemenag) Kabuaten Bantul, Ahmad Musyadad, S.Ag. M.S.I., pengawas madrasah, Heni Prilantari, M.Pd., orang tua/ wali murid siswa berprestasi tahfidz, seluruh komite madrasah dan guru pegawai MAN 3 Bantul.

Kakanwil dalam sambutan menyampaikan apresiasi setinggi tingginya atas pencapaian prestasi yang cukup membanggakan. Dirinya berpesan untuk menjaga dan merawat Al Quran. “Selamat ananda yang mengikuti kegiatan wisuda hari ini. Teruslah menjaga dan merawat Kalamullah dengan membaca, menghafalkan, dan mengamalkan Al Quran. Allah akan memuliakan Ahlul Quran di dunia dan akhirat,” pesannya.

Usai sambutan, prosesi wisuda dimulai. Satu persatu hafiz hafizah menuju panggung kemudian dilanjutkan pembacaan maqra dan doa yang dipimpin oleh K.H. Zuban, pengasuh pondok pesantren Al Rusydi . Kepala madrasah, Drs. Syamsul Huda, M.Pd. dan koordinator keagamaan, Dra. Rusnani lalu mewisuda dengan memasangkan slempang dan memberikan sertifikat. Wajah cerah terpancar dari para hafizd hafizdah membawa suasana kebahagiaan yang dirasakan oleh seluruh hadirin.

Di antara 104 siswa yang diwisuda, 12 siswa mendapatkan penghargaan dari madrasah atas capaian hafalannya. Nilna Zulfa Azizah dan Abdullah Azzam Al Qowiy dengan capaian 30 juz; Muhammad Ainur Ridho, 22 juz; Masri Ulil Amri 21 juz; Qorin Khoirina, 16 juz; Qusnul Qotimah, 15 juz; Zusma Nur Azizah, 14 juz; Muhammad Najmi Firdaus, 13 juz; Muhammad Fahmi Zaka M., 12 juz; Rahma Isnandila Utami, 11 juz; Qorry 'Aina Nilnal Muna, 11 juz. Penghargaan disampaikan oleh Kakanwil DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag.

Setelah prosesi wisuda, acara dilanjutkan dengan pengajian. Hadir sebagai narasumber pengajian, yaitu Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I., Rois Syuriah PC NU Gunung Kidul yang memberikan motivasi agar para siswa semangat dalam belajar.

“Selamat untuk anak-anak yang hari ini mengikuti wisuda. Semoga menjadi pemacu dan pemicu madrasah dan sekolah yang lain. Anak-anak semua saat ini dalam proses belajar untuk meraih cita-cita dan prestasi. Demi cita-cita hindarkan cinta, namun demi cinta kejarlah cita-cita. Semangat dalam menimba ilmu karena keutamaan dalam menimba ilmu itu sangat luar biasa,” tandasnya.

Lebih lanjut Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I., menjelaskan keutamaan-keutamaan menimba ilmu. Pengajian yang dibawakan dengan seru membuat peserta sangat antusias. Rangkaian Wisuda Tahfidz berjalan dengan lancar. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I.. (sal)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image