Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dompet Dhuafa

Perkuat Sinergitas Forum PRB Adakan Kongres

Kabar | Friday, 24 Feb 2023, 01:35 WIB
Forum PRB juga harus memastikan kelembagaan penanggulangan bencana dapat bersinergi dengan baik, antara BPBD dengan OPD, antara pemerintah daerah dengan akademisi, masyarakat, media dan lembaga usaha.

JAKARTA— Periode awal Forum PRB pasca pembentukannya seringkali merupakan fase paling penting dalam kelangsungan Forum PRB. Pengelolaan Forum pada fase ini akan menentukan pertumbuhan Forum PRB – mati atau tumbuh atau tumbuh menjadi parasit.. sebelum terbukti dapat mempertahankan kelangsungan organisasi forum dan bermanfaat bagi penanggulangan bencana dan pembangunan di wilayahnya.

Tujuan dengan diadakan Konggres Anggota Forum PRB DKI Pertama ini adalah agar anggota dan pengurus Forum PRB mendapatkan orientasi mekanisme atau perangkat yang perlu dipersiapkan oleh Forum PRB DKI dalam menjaga keberlanjutan Forum PRB dan mandat/peran strategisnya. Sehingga pada gilirannya Forum PRB DKI dapat:

Mempertahankan komitmen bersama dan bekerjasama secara terpadu untuk mengurangi risiko bencana dan mencegah bahaya/risiko bencana baru, membangun suatu mekanisme terkoordinasi dalam pengurangan risiko bencana dan perubahan iklim melalui seluruh sektor dan menggunakan seluruh jejaring yang ada dan mendukung para pemangku kepentingan dengan pengetahuan, informasi, distribusi sumberdaya, teknologi yang relevan, dan distribusi sumberdaya anggota Forum PRB.

"Kongres berjalan dengan baik. Telah tersusun AD/ART, Rencana Strategi dan Rencana Kerja yang pastinya sesuai dengan profil risiko bencana dan upaya pengurangan risiko bencana untuk wilayah DKI," kesan Pangarso Selaku Direktur Kesiapsiagaan BNPB sekaligus Pembina Forum PRB DKI dalam rilisnya (Rabu, 22/02/2023).

"Hal penting yang perlu digarisbawahi setelah terbentuknya AD/ART Forum PRB adalah diseminasi dan sosialisasi terkait program kerja yang dimiliki Forum PRB" pesan Pangarso atau Papang, dalam sapaan hangat dari FPRB.

"Selain itu, Forum PRB juga harus memastikan kelembagaan penanggulangan bencana dapat bersinergi dengan baik, antara BPBD dengan OPD, antara pemerintah daerah dengan akademisi, masyarakat, media dan lembaga usaha. Terakhir, Forum PRB juga perlu mempertimbangkan kelayakan dan keterkaitan dari kebijakan atau program kerja PRB di tiap tingkatan baik itu lokal maupun nasional" ujar Pembina Forum PRB DKI.

"Sumber dayanya Luar biasa, dan spirit utamanya adalah kerelawanan yang ini telah teruji pada 5 tahun kebelakang dg Kerjasama yg baik dlm Kerja-kerja kemanusian" ujar Ninil selaku Sekretaris Jendral Platfon Nasional ( Sekjen Planas) PRB.

"Forum PRB DKI - punya konteks yg unik tdk seperti provinsi yg lain di Indonesia, karna itu penjangkauan berlapis sampai ke pemangku kepentingan di akar rumput memerlukan sumberdaya besar dengan strategi Yang adaptif, Oleh karna itu kepemimpinan presidium harus bekerja sinergis menguatkan unsur2 anggota untuk menjalankan agenda bersamanya" ujar Sekjen Planas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image