Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image LPM El-Hakim

Persiapan Ramadhan

Agama | 2023-02-20 21:32:24

Berapa hari lagi nih bulan Ramadhan?

Mm berapa yaa.. intinya kurang lebih sekitar 30 hari lagi nihh. Hayoo kalian udah persiapin apa buat bulan ramadhan nanti? Tentunya harus di persiapkan dengan sebaik baik nya yah, karena kita nggak tau apakah kita akan bertemu kembali dengan bulan ramadhan di tahun 2024 atau malah bisa jadi ini adalah bulan ramadhan terakhir kita.

Nah sebelum itu kita pelajari dulu yuk, apasii bulan Ramadhan itu? Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dari kalender hijriah. Pada bulan ini, seluruh ummat muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan rukun islam yang ke 3 yaitu puasa. Apasih dalil nya? Dalilnya ada di dalam Al-Quran surat Al-Baqoroh ayat 183

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Nah puasa itu apa sih? Puasa secara bahasa artinya "Menahan diri" dan secara istilah adalah "Beribadah kepada Allah subhanahu wataala dengan menahan diri dari makan, minum, perbuatan buruk, dan pembatal puasa lainnya, dari mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari"

Jadi gimana? Siap puasa pada bulan ramadhan nanti? Oiya sebelum itu kita juga harus tau tuh, apa sih keutamaan bulan ramadhan? Biar makin semangat dan menunggu nunggu bulan ramadhan. Keutamaan bulan ramadhan tu banyak sekali, tapi disini kita mau membahas beberapa saja.

Yang pertama, puasa di bulan ramadhan itu termasuk rukun islam. Islam itu dibangun di atas lima perkara. Tidak sempurna keislaman seseorang kecuali dengan mengerjakan lima perkara tersebut. Puasa Ramadhan termasuk rukun Islam berdasarkan hadis dari Abdullah ibn Umar ibn al Khaththab , ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallahu alaihi wasallam bersabda:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله ﷺ: بُنِيَ الإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ ، وَإِقَامِ الصَّلَاةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ ، وَالْحَجِّ ، وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Islam itu dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tidak ada sembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali hanya Allah dan bahwa Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan shalat, membayar zakat, berhaji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan.’” (HR al-Bukhari: 8 dan Muslim: 16)

Yang kedua, Keutamaan pertama bulan Ramadan yaitu ada banyak pahala berlipat ganda dari Allah untuk diberikan kepada umatnya yang melaksanakan ibadah kebaikan.

Allah berfirman dalam hadis Qudsi, "Setiap kebaikan yang dilakukan anak Adam akan dilipatgandakan dari sepuluh hingga tujuh ratus kali lipat kecuali puasa, sebab puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya kepada orang-orang yang telah menahan syahwat, makan, dan minum karena -Ku."

Yang ketiga selain keberkahan pahala, bulan Ramadan merupakan momen terbaik untuk memperbanyak doa karena peluang terkabulnya cukup besar. Dalil nya pada hadist Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a, akan dikabulkan.”

Masih banyak lagi keutamaan keutamaan bulan ramadhan yang tidak bisa disebutkan disini semua. Oleh karena itu ayo kita berlomba lomba untuk meraih keutamaan itu.

Suara LPM Al-Hakim/Fariha

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image