Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Yazid

Muda Jakarta dan Rumah Belajar Tiga Siku Gelar Donor Darah di Palmerah

Filantropi | Monday, 20 Feb 2023, 18:18 WIB

JAKARTA - Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat se-Jakarta Barat tampak antusias ketika secara sukarela memberikan bantuan berupa donor darah di aula Kecamatan Palmerah. Kegiatan sosial yang diinisiasi oleh Perkumpulan Muda Jakarta ini dapat menghimpun lebih 200 peserta.

"Alhamdulillah, target donasi 200 kantong darah pada hari ini bisa terpenuhi, bahkan sudah lebih," kata Sekretaris Kota sekaligus Plt Wakil Walikota Jakarta Barat Iin Mutmainah ketika memantau penyelenggaraan acara pada Senin (20/2/2023).

Iin hadir menyapa para pendonor yang umumnya berasal dari ASN, para petugas penyedia jasa lainnya prang perorangan (PJLP) dan penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU), masyarakat sekitar Palmerah, serta para kader lainnya. Orang nomlor dua di Jakarta Barat ini memberikan semangat sekaligus mengucapkan rasa terima kasih atas kesediaan terhadap kegiatan bakti sosial tersebut.

Kehadiran Iin disambut Camat Palmerah Joko Mulyono, Ketua Umum Perkumpulan Muda Jakarta Adib Bukhori, serta para pengurus PMI baik dari tingkat Provinsi maupun Kota Jakarta Barat.

Menurut Iin, pihaknya mengapresiasi kegiatan yang telah digalang oleh Perkumpulan Muda Jakarta, Demo Care, Rumah Belajar Tiga Siku, CV Media Tiga Permata, serta Himpunan Putra-Putri Angkatan Darat (Hikapad). Kegiatan donor darah juga merupakan upaya untuk membangkitkan kepedulian sosial masyarakat dalam memenuhi kebutuhan darah di ibukota.

"Harapan kami, dengan banyaknya kegiatan ini, kita semua bisa memenuhi kebutuhan darah khususnya di Jakarta Barat. Komponen manapun juga bisa bekerja sama dengan PMI untuk melakukan kegiatan sosial berupa donor darah. Kami pun berupaya untuk terus mengimbau kepada masyarakat, ayo donor darah, kita sehat mereka selamat," imbau Iin.

Asal tahu saja, PMI DKI Jakarta melayani kebutuhan darah untuk sekitar 154 rumah sakit (RS). Saban harinya, permintaan transfusi darah untuk para pasien diproyeksikan mencapai sekitar 1.000 hingga 1.200 kantong. Oleh sebab itu, sumbangan donor darah dari masyarakat luas masih diperlukan guna menjaga ketersediaan stok.

Sebelumnya, Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko telah mengeluarkan surat edaran Nomor e-0085/PU.04 yang ditujukan kepada para kepala suku dinas, suku badan, camat, serta lurah. Dalam surat tersebut, ia meminta masing-masing instansi untuk mengirimkan para pendonor demi kesuksesan acara tersebut.

“Saya meminta Saudara untuk menyampaikan usulan nama para peserta sebanyak 2 otang dari setiap Kelurahan, 2 orang per Kecamatan,2 orang per Suku Dinas/Suku Badan dan 2 orang per Bagian Setko Administrasi Jakarta Barat untuk mengikuti kegiatan donor darah tersebut,” ujar Yani.

Sementara Adib Bukhori, Ketua Perkumpulan Muda Jakarta mengatakan, kegiatan utama organisasinya bergerak di sektor sosial dan kebudayaan. Untuk tahun 2023 ini, berupaya untuk menggelar kegiatan donor darah di setiap bulannya dengan lokasi yang berbeda-beda.

Dalam waktu dekat, komunitas remaja dan pemuda ini juga telah merencanakan untuk menggelar kegiatan serupa di Aula Kecamatan Kembangan. "Kami ucapkan terimakasih dukungan pemerintah maupun komunitas lain yang membantu penyelenggaraan acara ini. Insyaallah, kami akan menggelar lagi kegiatan donor di wilayah Kembangan," imbuh Adib. (Sumber : Rambukota)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image