Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Data Pengguna Teknologi Buatan Tiongkok Mungkin Saja Mengalir ke Tangan Pemerintah Komunis Tiongkok

Teknologi | Monday, 20 Feb 2023, 15:21 WIB
TikTok, salah satu aplikasi bikinan Tiongkok. Foto: Solen Feyissa/Unsplash.

Produk-produk teknologi bikinan Tiongkok mungkin saja dimanfaatkan pemeritah komunis Tiongkok untuk mencuri data atau untuk memata-matai.

Berbagai produk teknologi saat ini membanjiri pasaran. Tak sedikit produk teknologi itu bikinan Tiongkok. Mulai dari perangkat transportasi, telekomunikasi hingga beragam aplikasi yang bisa kita tanam di ponsel kita.

Menurut Kim Komando, kolumnis spesialis bidang teknologi, yang tulisan-tulisannya rutin muncul di koran USA Today, lebih dari sepertiga produk elektronik dunia diproduksi di Tiongkok. Ia mengatakan bahwa ada perbedaan antara produk yang dibuat di Tiongkok dan yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan dengan pemerintah komunis Tiongkok. Pada titik inilah kita perlu waspada. Kenapa?

Pasalnya, Partai Komunis Tiongkok mengharuskan perusahaan Tiongkok untuk memberikan akses ke semua data yang mereka peroleh. Artinya, data-data pengguna produk teknologi bikinan perusahaan Tiongkok mungkin saja akhirnya mengalir ke tangan pemerintah komunis Tiongkok.

Oleh sebab itu, sejumlah negara sangat hati-hati dalam menggunakan produk teknologi bikinan Tiongkok. Bahkan, beberapa negara memutuskan melarang sejumlah produk buatan Tiongkok, termasuk melarang beberapa aplikasi dan platform seluler, semisal TikTok, Weibo, WeChat, dan Alibaba.

Kim Komando mengingatkan bahwa kita mesti memikirkan tentang berapa banyak data yang dikumpulkan di ponsel pintar kita.

"Bagi sebagian besar dari kita, ponsel pintar adalah pusat digital dalam hidup kita. Ia tahu dengan siapa Anda berbicara, kapan Anda mengirim pesan, di mana Anda berada, ke mana pun Anda pergi, dan banyak lagi," papar Komando.

Apa yang disampaikan oleh Komando tersebut penting kita garis bawahi. Data saat ini disebut-sebut sebagai tambang emas baru. Banyak pihak tentu saja berkepentingan untuk menambang data sebanyak-banyaknya -- dengan berbagai cara.

Tak menutup kemungkinan hal tersebut dilakukan pula oleh pemerintah komunis Tiongkok melalui beragam produk teknologi yang mereka lemparkan ke pasaran dan kita pergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Sudah barang tentu, ini menjadi tatangan kita bersama. Pemimpin negara kita perlu memperhitungkan soal ini. Ketergantungan pada produk teknologi asing perlu kita minimalisir. Kita dituntut mampu menghasilkan produk teknologi karya bangsa sendiri agar bangsa dan negara ini benar-benar mandiri.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image