Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image diaz samsun alif

Begini ! Cara Konversi dan Pemanfaatan Energi Surya yang Benar

Teknologi | Saturday, 18 Feb 2023, 06:04 WIB

Energi surya ?

Anak muda mana yang tidak mengenal salah satu jenis energi terbarukan ini, ya benar dari namanya dapat dimengerti bahwa energi surya ini pasti berasal dari matahari, eitts tapi tidak segampang itu, banyak orang mengira bahwa energi surya berasal dari panas matahari, padahal energi yang dapat di konversi dari matahari bukan panas nya tetapi energi foton nya saja dengan menggunakan bantuan alat yang disebut solar panel atau PV.

source: IMERCY Universitas Airlangga (contoh pemanfaatan energi matahari)

Pada tahun 2011, Badan Energi Internasional menemukan bahwa "pengembangan teknologi energi matahari yang hemat biaya, berlimpah dan bersih memiliki manfaat jangka panjang yang penting. Perkembangan ini akan meningkatkan keamanan energi negara-negara dengan memanfaatkan sumber energi yang ada, tidak habis-habisnya, dan bebas impor, meningkatkan sustainability, mengurangi polusi, menurunkan biaya perlindungan iklim, dan menurunkan harga bahan bakar fosil.” Manfaat ini bersifat global. Oleh karena itu, insentif tambahan dari pengembangan awal harus dilihat sebagai investasi dalam pembelajaran. Investasi ini harus digunakan dengan bijak dan dibagikan."

sebelum memasuki cara pemanfaatannya, mari kita berkenalan dengan jenis-jenis PLTS terlebih dahulu.

sistem plts dapat dibagi menjadi dua berdasarkan cara instalasinya yang pertama yaitu

-Pembangkit listrik tenaga surya off-grid

pembangkit listrik tenaga surya yang satu ini adalah adalah pembangkit listrik yang hanya mengandalkan energi matahari sebagai sumber utama produksi listrik tanpa terhubung ke sambungan PLN. Pada umumnya PLTS membutuhkan baterai untuk menyimpan energi dari kelebihan listrik saat dibangkitkan oleh panel surya.

PLTS off-grid ini digunakan oleh daerah-daerah terpencil yang belum teraliri listrik sama sekali, oleh karena itu sistem ini disebut off-grid karena sistem solar PV bekerja secara mandiri tanpa bantuan PLN untuk memenuhi kebutuhan pasokan listrik. Sistem ini menggunakan panel surya untuk menghasilkan energi listrik sesuai kebutuhan dan harus dirancang untuk menghasilkan listrik yang cukup sepanjang hari. Beberapa faktor yang mempengaruhi PLTS offgrid lebih di pilih darpada jenis lainnya adalah: Lokasi rumah anda tidak dilewati arus PLN, Lokasi yang sudah terpasang utilitas, namun belum terpasanga maksimal penerangannya selama 24 jam, karena masih terdapat sistem pemadaman bergilir, Lokasi yang masih menggunakan bantuan genset sebagai sistem pembangkit listrik, Lokasi pemukiman yang jauh, pulau terpencil, wilayah perbatasan, dan lainnya yang belum memiliki sumber energi mandiri.

Cara kerja PLTS offgrid cukup mudah, yaitu dari matahari yang menyinari solar panel, kemudian energi yang di serap solar panel akan masuk menuju SCC, SCC adalah solar charge controller, komponen ini berguna sebagai mengontrol arus yang masuk kebaterai plts agar tidak melebihi kapasitas, kemudian listrik akan masuk kedalam baterai, scc juga akan terhubung ke inverter yang berfunsi merubah arus listrik DC menjadi arus listrik AC agar dapat dipakai untuk alat alat dirumah

-Pembangkit listrik tenaga surya on-grid

PLTS on grid adalah pembangkit listrik tenaga surya yang bekerja tanpa baterai dan terhubung ke jaringan listrik umum (PLN) melalui solar inverter. diekspor ke jaringan listrik PLN Hasil penghematan ekspor listrik digunakan untuk mengurangi tagihan pada bulan berikutnya. Tidak hanya listrik yang bisa diekspor, PLTS on grid juga bisa mengimpor atau membeli listrik dari jaringan PLN, seperti halnya rumah pada umumnya. Demi keselamatan, sistem tenaga surya yang terhubung ke jaringan listrik tidak dapat menghasilkan listrik ketika aliran listrik PLN padam. Meski pemadaman listrik ini terjadi pada pagi dan sore hari, namun untuk sementara sistem PLTS jaringan listrik tidak dapat beroperasi, karena pemadaman listrik biasanya terjadi saat jaringan listrik mati. Jika solar inverter terus mengalirkan listrik ke jaringan yang rusak, maka akan membahayakan keselamatan pengguna yang sedang memperbaiki kerusakan tersebut. Penggunaan sistem on grid PLN berawal dari fakta bahwa PLTS yang terhubung ke jaringan tidak memiliki baterai untuk menyimpan kelebihan energi di siang hari, sehingga sistem tidak memiliki aliran listrik di malam hari. Oleh karena itu, jaringan PLN berperan sebagai pengganti baterai PLTS.

Berbeda dengan PLTS off-grid, PLTS on-grid mempunyai komponen tambahan seperti switchboard, meteran listrik PLN, PLTS on-grid biasanya digunakan di daerah kota yang dekat dengan sumber PLN berbeda dengan PLTS offgrid yang kebanyakan dipasang di daerah terpencil yang jauh dari sumber listrik

Cara kerja PLTS on-grid cukup mudah dan hampir sama dengan PLTS off-grid, yaitu dari matahari yang menyinari solar panel, kemudian energi yang di serap solar panel akan masuk menuju SCC, SCC adalah solar charge controller, komponen ini berguna sebagai mengontrol arus yang masuk kebaterai plts agar tidak melebihi kapasitas, kemudian listrik akan melewati switchboard dan masuk kejaringan PLN agar dapat dijual apabila daya yang dihasilkan PLTS lebih dari cukup, scc juga akan terhubung ke inverter yang berfunsi merubah arus listrik DC menjadi arus listrik AC agar dapat dipakai untuk alat alat dirumah

-Pembangkit listrik tenaga surya hybrid

PLTS Hybrid adalah pembangkit listrik yang memadukan sumber energi matahari dengan sumber energi lainnya. Tentunya listrik yang dihasilkan PLN tidak hanya berasal dari PLTA saja, tetapi juga dari PLTG, PLTD, PLTB dll.

Ini disebut hybrid karena menggabungkan berbagai sumber energi diesel, gas, panas bumi dan angin (angin). PLTS Hibrida merupakan kombinasi antara sistem PLTS dengan sistem pembangkit energi terbarukan lainnya.

Tujuannya adalah untuk menjaga kesinambungan pasokan energi dan mengoptimalkan penggunaan energi hijau. Bila dalam definisi ini, PLTS Hybrid hanya menggunakan sumber energi terbarukan dan tidak menggunakan energi listrik yang dihasilkan dari minyak, gas, dan batubara.

Beberapa contoh pemanfaatan energi surya khususnya di bidang PLTS adalah

energi surya sebaga sumber dari PATS (Pompa Air Tenaga Surya)

Pompa air tenaga surya adalah solusi air ekologis. Ditenagai oleh baterai surya, sehingga tidak ada biaya bahan bakar atau listrik PLN. Karena sumber energi diperoleh dari alam, yaitu. sinar matahari, menghasilkan listrik yang sangat kuat, sehingga sistem aliran air kuat.

charging station

Charging station adalah stasiun pengisian bahan bakar umum bagi kendaraan listrik didunia.terdapat 2 jenis stasiun yaitu SPBKLU dan SPKLU

cold storage

adalah kotak pendingin yang bertenaga surya untuk menyimpan barang atau produk dengan suhu rendah. Untuk produk beku atau produk yang harus disimpan pada suhu tertentu harus menggunakan cold storage untuk menjaga kualitas produk.

reverse osmosis

reverse osmosis merupakan alat yang digunakan untuk pemurnian air laut menjadi air siap minum, alat ini menggunakan energi surya sebagai sumber listriknya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image