Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Pemuda Plantungan KEMENKUMHAM

3 Napiter di Lapas Perempuan Semarang Ikrar Setia ke NKRI

Info Terkini | Friday, 17 Feb 2023, 13:36 WIB
Dok. Kemenkumham Jateng

SEMARANG - Sebanyak 3 orang narapidana terorisme (Napiter) Lapas Perempuan Kelas II A Semarang mengucapkan Ikrar Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kamis (16/02) di Ruang Kelas LPP Semarang.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Dr. A. Yuspahruddin menyaksikan secara langsung pengucapan Ikrar Setia tersebut.

Tampak hadir pula menyaksikan prosesi Ikrar Setia NKRI, Kepala BNNP Jawa Tengah, Heru Pranoto, Perwakilan BNPT, Kejaksaan Negeri Kota Semarang, Densus 88 AT, Komandan Kodim 0733 BS Semarang, Dirintelkam Polda Jateng, Polrestabes Semarang, Pengadilan Negeri Semarang, BNPT Jakarta, Kemenag Kota Semarang dan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Semarang serta Kepala Bapas Kelas I Semarang.

Dalam momentum yang berkesan ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Dr. A. Yuspahruddin memberikan apresiasi kepada LPP Kelas IIA Semarang dan stakeholder yang telah membantu melaksanakan pembinaan kepada Narapidana Terorisme.

“Pelaksanaan Ikrar setia NKRI ini tentu menjadi bukti keberhasilan Pemasyarakatan dalam membentuk WBP agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana lagi.” Ujar Yuspahruddin.

“Apresiasi setinggi-tingginya saya haturkan atas keberhasilan LPP Kelas II A Semarang bersama seluruh pihak yang telah ikut serta dalam pelaksanaan pembinaan kepada 3 napiter sehingga dapat mengucapkan ikrar setia NKRI.” Sambungnya lagi.

Menurutnya, pembinaan narapidana terorisme seperti ini harus di tularkan pada lapas-lapas lainnya.

Tak hanya kepada stakeholder, Yuspahruddin juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh narapidana terorisme yang telah berikrar setia NKRI.

“Kamipun mengapresiasi narapidana terorisme yang telah berikrar setia kepada NKRI. Oleh karena telah berikrar setia NKRI, maka para Napiter akan mendapatkan hak-haknya untuk Remisi dan Pembebasan Bersyarat.” Ungkapnya.

Sementara itu, Kepala LPP Kelas II A Semarang, Kristiana Hambawani menjelaskan pembinaan yang dilakukan narapidana terorisme.

“Para Napiter kami tempatkan di sel yang berbeda agar dapat bersosialisasi dengan yang lain. Setiap harinya, para Napiter melaksanakan pembinaan berupa merajut dan pembuatan kerupuk.” Ujar Kristin.

Prosesi pernyataan ikrar lantas dilanjutkan dengan prosesi penghormatan dan penciuman Bendera Merah Putih yang dilakukan oleh seluruh narapidana tindak pidana terorisme yang berikrar.

Langkah ini menjadi pembuktian bagi napiter yang serius meninggalkan segala bentuk aktivitas terorisme.

@kemenkumhamri

#KumhamSemakinPASTI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image