Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mujib Burrochman

PLTS Penyelamat Anak Cucu Kita Di Masa Depan !!!

Teknologi | Friday, 17 Feb 2023, 12:02 WIB

Apa kalian tau tentang apa itu energi ??

Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Sumber : Dokumentasi Pribadi

Mari kita pikirkan Hidup tanpa energi yap, hidup tanpa listrik, tanpa peneragan, tanpa smartphone, dan kegelapan di tengah malam, dan apapun bisa terjadi setiap saat, Tapi matahari muncul untuk masalah tersebut, electrical energy adalah salah satu energi yang kita gunakan untuk mengatasi hal tersebut. Sebelum lebih dalam mari kita diskusikan, energy merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu apapun itu, seperti cahaya, suara, transportasi.

Kalian tau satuan dari energi ?

Satuan energi sendiri ada berbagai macam diantaranya hourse power, Joule, Kwh atau kilowatt hour, 1 Kwh = 1000 watts- hour satuan ini sering kita gunakan untuk menghitung penggunaan konsumsi listrik dirumah, dan banyak sumber energy yang ada di sekitar kita diantaranya biomass, hydropower, geothermal, wind, solar, kategori tersebut dapat dikategorikan sebagai renewable energy atau energy yang tidak akan habis, dan sumber energi lain seperti natural gas,petroleum,coal,uranium dapat disebut dengan energi fosil atau nonrenewable energy.

Mari kita bicara tentang energy fosil yang setiap hari kita gunakan pada dasarnya energy fosil merupakan sumber energi sisa fosil makhluk hidup yang tertimbun dibawah tanah jutaan tahun yang lalu kemudian ditemukan pada saat ini, sumber energi ditemukan lalu kemudian diolah dan kemudian ada di tangka kendaraan kita yang menyebabkan polusi carbon dan sisa pembakaran tidak dapat di daur ulang, jadi Ketika kita melakukan eksplorasi sumber energi dan konsumsi energi yang membabi buta makan tidak akan ada energi dimasa depan untuk anak cucu kita nanti, jadi kita dapat beralih ke renewable energy kita dapat menggunakan energy matahari, energy panas bumi, dan energy angin yang disediakan alam setiap harinya dan tidak akan habis sampai kapanpun

Pemerintah sedang gencar-gencarnya untuk mempromosikan renewable energy yang paling gencar adalah energi solar, energi solar sendiri adalah sumber energy tanpa batas untuk kehidupan, matahari juga merupakan bintang dan juga pusat tata surya, memeberikan pengaruh terhadap cuaca dan iklim disekitar kita, memeiliki temperature 15 million oC , matahari sudah berumur sekitar 4,6 billion dan akan tetap ada sampai 5 billion kemudian, matahari sendiri terdiri atas 70 % hydrogen, 28 helium, jaraknya dari dari bumi 150 million Km., dan cahaya matahri membutuhkan waktu 8 menit 20 detik untuk mecapai bumi. Dari apa yang dimiliki matahari kita dapat simpulkan bahwa energi matahari lebih besar daripada energi fosil.

Energi matahari adalah salah satu bentuk energi terbarukan yang paling berpotensi untuk dijadikan sumber energi alternatif. Pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi dapat membantu mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang semakin menipis dan dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dalam tulisan ini, akan dibahas pengetahuan dasar dan pemanfaatan energi surya dalam konversi energi, serta komponen pembangkit listrik tenaga surya.

Energi matahari memiliki beberapa type diantaranya passive solar energy yang sering digunakan untuk proses fotosintesis tumbuan, solar thermal energy dapat digunakan untuk memanaskan untuk wather heather, dan terakhir adalah solar photovoltaic energy yang akan di tangkap oleh solar sel dan banyak digunakan untuk PLTS.

PLTS secara umun pembangkit listrik tenaga surya memanfaatkan sinar matahari yang di serap oleh solar sel dapat mengkonversi cahaya matahari menjadi energi listrik. komponen utama PLTS antara lain

1. solar sel sendiri memiliki ukuran 156 mm x156 mm (6 inc x 6 inc) dan ketebalan sebesar 180 mm, dan memiliki arus sebesar 8 A (Ampere) dan tegangan 0,5 Dan memiliki daya sebesar 4 watts.

2. Baterai Baterai berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh sel surya. Energi yang disimpan dalam baterai akan digunakan pada saat sinar matahari tidak tersedia.

3. Inverter Inverter berfungsi untuk mengubah arus listrik DC yang dihasilkan oleh sel surya menjadi arus listrik AC yang digunakan di rumah tangga.

4. Pengatur Tegangan Pengatur tegangan berfungsi untuk mengatur tegangan listrik yang keluar dari inverter agar sesuai dengan standar tegangan listrik yang digunakan di rumah tangga.

5. Sistem Penyaluran Listrik Sistem penyaluran listrik berfungsi untuk menghubungkan pembangkit listrik tenaga surya dengan jaringan listrik umum.

Pemanfaatan energi surya sebagai sumber energi alternatif memiliki potensi yang besar dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan dampak negatif terhadap lingkungan. Dalam pembangkit listrik tenaga surya, terdapat beberapa komponen yang saling terkait dan saling mempengaruhi, seperti sel surya, baterai, inverter, pengatur tegangan, dan sistem penyaluran listrik. Dengan pengetahuan dasar dan pemanfaatan energi surya dalam konversi energi, diharapkan dapat membantu pengembangan energi terbarukan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image